IBL

Tembakan gratis (free throw) adalah salah satu faktor penting dalam memenangkan sebuah pertandingan dan San Antonio Spurs baru saja membuktikan hal tersebut. Menghadapi Houston Rockets di Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, Sabtu, 6 Februari 2021, waktu setempat, Spurs menang 111-106 karena tembakan gratis mereka.

Spurs unggul baik secara frekuensi ataupun akurasi tembakan gratis. Tim asuhan Gregg Popovich mendapatkan 36 kesempatan dan memasukkan 29 di antaranya (81 persen). Sebelum gim ini, Spurs adalah peringkat sembilan untuk akurasi tembakan gratis di liga. Sebaliknya, Rockets hanya mendapatkan 25 tembakan gratis dan gagal tujuh kali (72 persen). Selain tembakan gratis, secara keseluruhan statistik, kedua tim nyaris identik.

DeMar DeRozan adalah pemain yang paling banyak mendapatkan dan memasukkan tembakan gratis. Sebanyak 12 kali mencoba, DeRozan hanya gagal satu kali (92 persen). Total DeRozan mencetak 30 poin, 8 rebound, dan 7 asis. Di belakang DeRozan, Derrick White menambahkan 14 poin dan 5 asis. Rudy Gay  juga mencetak 14 poin ditambah 6 rebound dari bangku cadangan. Drew Eubanks membukukan 12 poin, Dejounte Murray 11 poin, sedangkan Keldon Johnson menutup daftar dengan 10 poin.

Di Rockets, tanpa Christian Wood yang cedera engkel, John Wall dan Eric Gordon jadi tumpuan. Wall mencetak 27 poin dan 7 asis sedangkan Gordon 26 poin plus 7 rebound dari bangku cadangan. DeMarcus Cousins yang mengisi posisi Wood dobel-dobel dengan 12 poin dan 11 rebound. David Nwaba memberi sumbangsih 14 poin dan 5 rebound sementara Danuel House Jr. melengkapi dengan 12 poin plus 5 rebound.

Kontribusi kurang apik diberikan oleh Victor Oladipo. Selama 32 menit di lapangan, Oladipo gagal menemukan sentuhannya. Meski ia mencetak 9 poin, 6 rebound, dan 5 asis, Oladipo menembak terlalu banyak dengan 4/14 (29 persen)serta menyumbangkan turnover sebanyak empat kali. Itu adalah turnover tertinggi dari satu pemain di gim ini.

Hasil ini membuat Spurs naik ke peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat. Dari 23 gim yang mereka mainkan, Spurs berhasil menang 13 kali. Sedangkan untuk Rockets, kekalahan ini jadi yang ke-11 dari 22 kesempatan. Rockets tertahan di peringkat 10 dengan rekor tersebut.

Spurs akan kembali ke San Antonio untuk menjamu Golden State Warriors, lusa, waktu setempat. Sedangkan Rockets akan memulai tur tandang dengan bertamu ke Charlotte Hornets, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar