IBL

Natalie Sago dan Jenna Schroeder menjadi dua wasit wanita pertama yang bertugas bersama dalam satu pertandingan NBA. Mereka mencetak sejarah tersebut di laga Charlotte Hornets melawan Orlando Magic, Senin malam kemarin, waktu Amerika Serikat. Sago dan Schroeder menjadi dua dari tujuh wasit wanita yang bertugas di NBA musim ini.

Wasit NBA 2020-2021 ada 76 orang. Tujuh orang wanita, sedang sisanya adalah wasit pria. Tujuh wasit wanita di NBA yaitu Lauren Holtkamp-Sterling, Ashley Moyer-Gleich, Simone Jelks, Danielle Scott, Dannica Mosher, Sago dan Schroeder. Namun Senin kemarin, NBA mencetak sejarah dengan menugaskan dua wasit wanita dalam satu pertandingan. Sago dan Schroeder menjadi wasit mendampingi crew chief Sean Wright.

Natalie Sago sudah menjadi wasit NBA sejak 2018. Sedangkan Jenna Schroeder mulai bertugas sejak 2019 lalu. Keduanya juga sudah pernah bekerja sama di NBA G League.

"Ini sangat keren," kata Natalie Sago kepada Associated Press . “Kami semua, kami sangat senang dan bersemangat untuk bekerja sama."

Sago bermain bola basket di Farmington di SMA dan kemudian softball di Jefferson College dan Drury University. Ketika karier bermainnya berakhir, peluang sebagai wasit muncul pada 2012, dimulai dengan memimpin pertandingan AAU.

"Saya bangga menjadi bagian dari organisasi yang mempromosikan orang untuk melakukan pekerjaan berdasarkan kemampuan kami, bukan berdasarkan jenis kelamin, ras, etnis, hal-hal semacam itu," imbuh Sago.

Sebaliknya, Jenna Schroeder awalnya ragu dengan tugas tersebut. Namun akhirnya, dia bisa menjalankan tugas dengan baik. Laga bisa berjalan dengan lancar dan Hornets menang tipis 107-104 atas Magic.

"Ini masalah besar bagi saya," kata Schroeder, seperti dilansit nba.com. "Ini seperti impian feminis saya menjadi kenyataan, bahwa nilai-nilai pribadi saya bertabrakan dengan nilai-nilai profesional saya dan itu luar biasa."

Komisaris NBA Adam Silver pada tahun 2019 lalu mengatakan bahwa olahraga basket tetap didominasi pria. Karena banyak melibatkan permainan fisik. Tetapi soal kejelian melihat pertandingan, dan menjadi wasit, wanita harus diberi tempat.

"Permainan ini memang menguras fisik, tetapi tidak ada salahnya memanfaatkan kejelian seorang wanita untuk menjadi wasit. Bahkan wanita menempati sekitar sepertiga dari posisi manajemen tim NBA," kata Silver, dikutip dari Bleacher Report. (tor)

Foto: nba.com

 

Komentar