IBL

Salah satu unsur penting dalam pertandingan basket adalah wasit. Oleh karenanya, NBA juga membuat protokol kesehatan khusus untuk wasit di musim 2020-2021. Liga juga membuat strategi untuk mengurangi perjalanan wasit, seperti yang diterapkan untuk tim peserta.

Liga harus memastikan semua yang terlibat dalam pertandingan aman dari penularan virus Covid-19. Wasit akan menjalani tes Covid-19 setiap hari seperti pemain dan ofisial tim. Mereka juga harus menghindari pusat keramaian seperti pusat kebugaran, cafe dan restoran, hingga tempat-tempat berkumpul di dalam ruangan lainnya.

Normalnya, satu wasit akan memimpin dua atau tiga pertandingan dalam seminggu. Tetapi satu tim tidak akan bertemu wasit yang sama setiap minggu. Namun untuk musim depan berbeda. Wasit akan memimpin lebih dari tiga gim satu minggu, dan lebih sering bertemu dengan satu tim. Detail tentang mekanisme tersebut akan diumumkan di kemudian hari.

Monty McCutchen selaku wakil presiden NBA bagian pengembangan dan pelatihan wasit mengatakan bahwa jadwal wasit untuk musim depan berubah total. Saat ini yang paling memungkinkan untuk menjaga keselamatan para wasit adalah dengan mengurangi perjalanan mereka. Bisa jadi seorang wasit akan bertahan di salah satu kota untuk sepekan.

"Kami mencoba mengurangi perjalanan para wasit. Tetapi wasit juga harus memberikan yang terbaik dalam memimpin pertandingan. Jadi kami sedang mencari keseimbangan yang bagus agar tetap selamat dan tetap efektif," kata McCutchen, dikutip dari Yahoo!Sports.

Cara wasit memimpin di lapangan juga tidak akan diubah. Hanya saja ada poin yang ditekankan, seperti mengurangi kontak yang tidak penting dengan pemain, baik itu saat on atau off-the-ball. Tidak ada perubahan aturan yang substansial. Hanya saja, wasit akan memakai kantung khusus di bawah peluit. Ini untuk menjaga agar ludah tidak tercecer di lapangan.

Hotel wasit musim ini juga diatur. Hotel harus sesuai dengan protokol kesehatan NBA. Sementara untuk transportasi, para wasit sekarang tidak naik mobil van besar untuk pindah dari satu kota ke kota lainnya. NBA menyiapkan layanan mobil pribadi untuk wasit. (tor)

Foto: FanSided

Komentar