IBL

Perang dingin antara bintang Brooklyn Nets Kevin Durant dan legenda NBA Charles Barkley sudah terjadi sejak lama. Durant dan Barkley saling lempar komentar di media terkait berbagai hal, baik tentang NBA atau yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan NBA. Menariknya, justru sekarang Durant terpacu untuk mengalahkan rekor poin milik Barkley. Ini agar dirinya bisa punya senjata untuk menyerang Barkley.

Perseteruan Durant dan Barkley ini dimulai sejak tahun 2016 silam. Sebagai kritikus NBA, Barkley menyebut Durant sebagai "penumpang bus", setelah menandatangani kontrak dengan Golden State Warriorss. Artinya, Durant hanya ingin ikut rombongan Warriors yang notabene saat itu jadi tim terkuat di liga.

Kemudian, baru-baru ini Durant menyerang balik Barkley. Saat itu, Barkley mengeluarkan penyataan bahwa pemain NBA harus mendapatkan prioritas vaksin Covid-19. Durant menyebut komentar Barkley tersebut hanya menimbulkan kontroversi saja. Sebab, Komisaris NBA Adam Silver sudah mengatakan bahwa liga tidak akan meminta prioritas vaksin untuk komunitasnya. Mereka akan ikut aturan pemerintah saja.

Kemudian, pada Jumat lalu, Durant juga mengeluh tentang komentar Barkley dan Shaquille O'Neal di NBA on TNT, tentang pemain muda Donovan Mitchell. Mereka menyebut Mitchell sebagai pemain yang hanya tahu mencetak poin, namun tidak berkontribusi apa-apa di tim.

Namun bila dicermati, dalam beberapa hari terakhir Durant bermain sangat bagus. Dua minggu lalu, Durant sudah masuk daftar 30 besar pencetak poin NBA terbanyak sepanjang masa. Durant terus merangkak naik hingga kini berada di peringkat ke-27 dengan total poin 23.346. Durant berhasil melewati beberapa legenda seperti Robert Parish (23.334 poin), Adrian Dantley (23.177 poin), dan Dwyane Wade (23.165 poin) yang kini di urutan ke-30.

Lucunya, pemain yang ada di peringkat ke-26 untuk pencetak poin terbanyak sepanjang masa adalah Charles Barkley (23.757 poin). Inilah yang membuat Durant semakin terpacu menambah pundi-pundi poin di pertandingan musim ini. Untuk menyusul Barkley, Durant butuh 411 poin.

Durant membutuhkan rekor tersebut untuk membungkam Barkley. Setidaknya, dia punya senjata untuk memenangkan perdebatan selanjutnya. Bila dilihat dari catatan statistik, Barkley mencetak 23.757 poin setelah bermain dalam 1.073 pertandingan, selama 16 musim di NBA. Sementara Durant bisa lebih baik dari Barkley. Saat ini, Durant baru menjalani 846 pertandingan di musim ke-14.

Durant musim ini mencetak rata-rata 31,2 poin dalam 18 pertandingan. Ini berarti, bila Durant konsisten, maka dia bisa mengalahkan Barkley dalam 14 pertandingan ke depan. Atau, setidaknya Durant bisa melampaui Barkley musim ini. Sebab, Nets masih punya 54 pertandingan di musim reguler 2020-2021.

Durant dan Nets kembali bertanding pada hari Senin, 25 Januari waktu Amerika Serikat. Mereka akan menjamu Miami Heat sekali lagi di Barclays Center. (tor)

Foto: Bleacher Report

Komentar