IBL

LaVar Ball terkenal sebagai ayah yang kritis terhadap hal-hal seputar anaknya yang bermain di NBA. Kali ini dia berkomentar tentang strategi James Borrego, kepala pelatih Charlotte Hornets. Menurut LaVar menempatkan LaMelo Ball di bangku cadangan adalah sebuah kesalahan.

Penyebab LaVar kembali muncul di media adalah penunurunan performa Devonte Graham. Dalam 10 pertandingan terakhir, Graham tidak mampu menyuplai bola yang dibutuhkan Terry Rozier. Justru LaMelo Ball yang dianggap bisa bermain bagus bisa dipasangkan dengan Rozier.

Namun James Borrego melihat penampilan LaMelo belum stabil. Pemain berusia 18 tahun itu sudah mencetak 15,6 poin, 7,4 rebound, 7,1 assist per pertandingan, dengan akurasi tembakan 46 persen. Itu terjadi dalam tujuh pertandingan awal, termasuk saat menang lawan New Orleans Pelicans, yang menjadi pertemuan pertamanya dengan Lonzo Ball. Kemudian menjadi pencetak triple-double termuda dalam sejarah NBA.

Setelah semua prestasi tersebut, performa LaMelo terjun bebas. Dalam tiga pertandingan terakhir, dia mencetak 10,7 poin, 5,7 assist, dan empat rebound per pertandingan. Alasan tersebut yang membuat LaMelo hanya bermain 16 menit saat bertanding melawan Chicago Bulls. Borrego juga mengambil keputusan tepat saat menarik LaMelo dari lapangan setelah melakukan lima kali turnover.

"Bila seorang pemain melakukan lima turnover dalam 16 menit, itu tidak bagus bagi saya. Seorang pemain akan lebih baik membawa energi di pertahanan, ketimbang menyerang," kata Borrego, dilansir The Charlotte Observer.

"Dia (LaMelo Ball) harus lebih baik di pertahanan. Kami membutuhkan itu. Dia harus kembali ke performa terbaiknya di pertahanan."

Penyataan Borrego mendapatkan sanggahan dari LaVar Ball. Dalam wawancara dengan TMZ Sports, LaVar menyebut putranya tidak akan menunjukkan permainan terbaik, selama dia diturunkan dari bangku cadangan.

"Menurut saya, dia (LaMelo) tidak senang dengan keputusan itu, dia tidak akan menunjukkan apa-apa selama turun dari bangku cadangan," kata LaVar.

"Saya melatih anak saya menjadi yang terbaik, dan mengajarkan kepada mereka untuk jadi seorang pemain inti. Inilah tang tidak mereka dapatkan. Anak-anak saya bukan pemain sembarangan. Mereka superstar! Biarkan mereka ada di tempat yang seharusnya di tim."

Tapi pernyataan LaVar kali ini tampaknya bertolak belakang dengan kenyataan yang dirasakan LaMelo. Ketika ditanya Rick Bonnell dari The Charlotte Observer, LaMelo menepis anggapan bahwa dirinya tidak senang berada di bangku cadangan.

"Tidak. Ini bola basket. Ini hanya masalah chemistry. Saya masuk dari bangku cadangan bukan masalah bagi saya," katanya.

Pelatih tentu bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi di timnya saat ini. Ketika Hornets kalah empat laga beruntun dan berada di peringkat ke-13 klasemen Wilayah Timur, James Borrego tentu memikirkan strategi berbeda. Mungkin bisa mengganti Devonte Graham di tim ini dengan LaMelo Ball. Namun syaratnya, LaMelo harus kembali ke performa terbaiknya. (tor)

Foto: Charlotte Observer

Komentar