IBL

James Harden menjalani laga debut bersama Brooklyn Nets pada Sabtu malam waktu Amerika Serikat. Dia langsung mencetak triple-double dengan torehan 32 poin, 14 assist dan 12 rebound. Sementara itu, Kevin Durant mencetak 42 poin di laga ini. Nets menang 122-115 atas Orlando Magic.

Bila poin kedua mega bintang ini digabungkan, maka mereka mendulan 74 poin dari total 122 poin Nets di laga tersebut. Hanya dua pemain Nets lain yang mencetak poin digit ganda yaitu Joe Harris (17 poin) dan Jeff Green (10 poin). Nets memang tidak mendominasi permainan, tetapi mereka konsisten menjaga keunggulan sejak awal hingga akhir laga. Terutama, di kuarter keempat. Mereka mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya, untuk membuat keunggulan 10 poin di menit-menit akhir.

Harden langsung tampil panas. Dia mencetak delapan poin dan tujuh assist di babak pertama. Di awal kuarter keempat, Harden sudah memecahkan rekor Nets. Dia menjadi pemain Nets pertama yang mencetak 14 assist di laga debutnya. Harden juga tercatat sebagai pemain pertama dalam sejarah NBA yang mencetak triple-double dengan 30 poin atau lebih di laga perdana bersama tim baru. Selain triple-double, Harden juga menambahkan empat steal dan satu blok.

Di sisi lain, permainan Harden bersama Nets berkebalikan dengan penampilannya saat masih memperkuat Houston Rockets. Harden mencetak 20 poin atau bahkan kurang, selama empat pertandingan beruntun. Dia juga tampak tidak bersemangat ketika masuk ke lapangan. Sebaliknya, Harden tampak senang saat menjalani pemanasan bersama Nets. Lalu di pertandingan, dia menunjukkan performa maksimal.

Sementara itu, Kevin Durant untuk pertama kalinya mencetak 42 poin bersama Nets. Dia membuat akurasi tembakan 62 persen (16 dari 26 percobaan), termasuk lima tembakan tripoin. Durant menjadi pemain Nets pertama yang mencetak 25 poin atau lebih dalam sembilan pertandingan berturut-turut. Duetnya bersama Harden tampak menakutkan bagi tim-tim lawan.

Magic sebenarnya juga tidak buruk. Mereka mampu mengimbangi permainan Nets. Nikola Vucevic mencetak 34 poin, 10 rebound, tujuh asis, dan lima steal. Disusul Terrence Ross yang menambahkan 23 poin. Para pemain Magic saat ini tengah jadi incaran klub-klub besar. Terutama Vucevic yang kini sedang dalam pengawasan Boston Celtics di jendela pertukaran pemain 2021. Sejauh ini, Magic sudah kalah lima laga beruntun. Sama seperti New York Knicks yang saat ini sedang terpuruk di Wilayah Timur.

Selanjutnya, Nets akan beristirahat sehari. Mereka akan menjamu Milwaukee Bucks pada hari Senin, pekan depan. Di laga ini, kemungkinan Kyrie Irving sudah bisa diturunkan. (tor)

Foto: nba.com

Komentar