IBL

NBA membuat protokol kesehatan lebih ketat, yang akan berlaku dua minggu ke depan. Ini adalah upaya NBA untuk menghentikan laju penularan virus Covid-19 yang semakin meningkat. Sementara itu, sampai hari ini sudah ada lima pertandingan yang ditunda. Laga Orlando Magic melawan Boston Celtics yang seharusnya berlangsung Rabu malam juga ditunda.

Beberapa perubahan dalam protokol kesehatan yang baru, mirip dengan aturan di "gelembung" NBA tahun lalu. Seperti, pemain NBA tidak dapat lagi berinteraksi dengan tamu yang bukan anggota tim di hotel saat laga tandang. Kemudian, saat berada di rumah, pemain harus tetap berada di dalam rumahnya dan hanya pergi terkait aktivitas tim.

Sekarang aturan makan juga lebih ketat. Para pemain tidak boleh mendatangi restoran favoritnya. Daftar restoran yang diizinkan oleh NBA, sekarang dihapus. Sebelum pertandingan, para pemain tidak boleh berada di ruang ganti lebih dari 10 menit. Lalu, semua orang wajib memakai masker.

NBA dan NBPA sedang bekerja untuk memperketat protokol kesehatan dan keselamatan selama dua minggu, menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN. Berdasarkan informasi terbaru yang dirilis oleh tim, meskipun jumlahnya dapat berubah dengan cepat, setidaknya 36 pemain NBA bermasalah dengan Covid-19. Jumlah tersebut bukan hanya yang positif saja, melainkan orang yang terlacak melakukan kontak dengan orang yang positif.

"Kami berada di posisi yang sulit dengan Covid-19," kata kepala pelatih Philadelphia Doc Rivers, setelah timnya kalah di Atlanta, pada Senin malam. "Tidak banyak yang bisa kami lakukan dengannya. Saya memiliki firasat bahwa akan ada banyak tim dengan masalah yang sama."

Menurut Jason Dumas dari KRON4 News, NBA sedang mempertimbangkan jeda musim selama 7-14 hari. Ini bisa dipakai untuk mengatur ulang protokol kesehatan, serta menyelesaikan masalah positif Covid-19 yang terjadi selama empat minggu terakhir.

"Tidak ada yang ingin pembatasan diberlakukan," kata direktur eksekutif NBPA, Michele Roberts, seperti dikutip dari Associated Press. "Tidak seorang pun ingin infeksi meningkat. Pakar kami telah menyimpulkan bahwa peraturan baru ini akan mencegah penyebaran virus ini."

Pemain juga harus membatasi interaksi dengan pemain lain. Mereka hanya boleh berinteraksi dengan siku atau kepalan tangan. Tidak boleh lagi bersalaman dan berpelukan. Sementara itu, saat pertandingan, pemain yang ditarik keluar dari permainan bisa duduk di "kursi perawatan" tanpa memakai masker. Dia bisa kembali ke kursi cadangan dengan memakai masker.

Sementara itu, Miami Heat dan Philadelphia 76ers tetap bertanding meski hanya punya delapan pemain saja. Ini menjadi satu dari enam laga yang akan dimainkan pada hari Selasa malam, waktu setempat.

Berikut daftar pertandingan yang ditunda karena protokol kesehatan:

23 Desember 2020: Oklahoma City Thunder vs. Houston Rockets
10 Januari 2021: Miami Heat vs. Boston Celtics
11 Januari 2021: Pelikan New Orleans vs. Dallas Mavericks
12 Januari 2021: Boston Celtics vs. Chicago Bulls
13 Januari 2021: Orlando Magic vs. Boston Celtics

(tor)
Foto: CelticsBlog

Komentar