IBL

Ada kabar mengenai kasus penularan Covid-19 di lingkungan NBA. Seorang pemain Washington Wizards dan dua orang pemain Golden State Warriors dinyatakan positif Covid-19 meski tanpa gejala. Mereka seharusnya sudah memulai kamp pelatihan hari ini. Namun karena menunjukkan hasil positif dalam tes, maka mereka harus menjalani karantina.

Rabu, 1 Desember waktu Amerika Serikat menjadi hari pertama kamp pelatihan untuk klub peserta NBA. Para pemain sudah berkumpul di fasilitas latihan masing-masing. Tetapi justru ada kabar bahwa ada pemain yang dinyatakan positif Covid-19. Kepala pelatih Wizard, Scott Brooks mengumumkan bahwa ada satu pemainnya yang positif Covid-19, sedangkan manajer Warriors, Bob Myers, menyatakan bahwa dua pemainnya positif Covid-19. Tiga pemain tersebut tidak disebutkan namanya oleh klub masing-masing.

Menurut nba.com, mereka yang dinyatakan positif Covid-19 harus menjalani karantina selama 10 hari atau lebih. Itu yang tertuang dalam panduan protokol kesehatan yang dibagikan oleh NBA beberapa waktu lalu. Sementara itu, pemain yang positif Covid-19 tanpa gejala, maka dia bisa kembali berlatih setelah menunjukkan dua kali hasil negatif dari PCR test. Sebaliknya, bila menunjukkan gejala, maka harus dikarantina selama 10 hari.

Untuk saat ini pemain memang masih berlatih secara individu. Belum boleh melakukan latihan bersama rekan-rekannya. Karena fase itu akan dimulai minggu depan.

Tim Bontemps dari ESPN menulis bahwa liga telah menyusun protokol kesehatan dan keselamatan yang komprehensif untuk musim NBA 2020-2021 dan mengirimkannya ke tim peserta. Dokumen sepanjang 134 halaman, itu mirip dengan protokol kesehatan yang diberlakukan di Walt Disney World Resort, Orlando, Florida, saat lanjutan NBA musim 2019-2020 lalu. Tetapi kali ini, liga akan mencoba untuk memerangi virus Covid-19 tanpa membuat "gelembung".

Liga membagi menjadi dua cara untuk menghadapi kasus positif Covid-19. Cara pertama berbasis waktu. Orang yang terinfeksi virus Covis-19 harus dikarantina setidaknya 10 hari sejak tanggal tes positif pertama mereka atau timbulnya gejala apa pun, jika mereka mengalaminya. Cara kedua berbasis tes. Orang yang terinfeski virus Covid-19 bisa keluar dari ruang isolasi setelah dilakukan tes PCR dan menunjukkan dua hasil negatif. (tor)

Foto: mercury news

Komentar