IBL

Protokol kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan NBA sangat ketat. Tujuannya untuk menjaga lingkungan NBA tetap aman, terutama bagi para pemain dan ofisial tim. Peraturan itu membuat Damian Lillard kecewa ketika dirinya bertanding di Oakland, kampung halamannya. Biasanya laga melawan Golden State Warriors jadi ajang reuni keluarga. Namun kali ini, bintang Portland Trail Blazers itu tidak bisa meninggalkan hotel sembarangan.

Selama sembilan musim bermain untuk Blazers, momen yang ditunggu-tunggu adalah saat bertandang ke Bay Arena, markas Warriors. Lillard lahir di Oakland, California, 30 tahun lalu. Dia memiliki keluarga besar yang tinggal di daerah Brookfield, Oakland. Saat tidak ada pandemi, setelah pertandingan melawan Warriors, biasanya Lillard mengunjungi rumah pamannya, Oscar Johnson, untuk makan malam. Tapi kali ini berbeda, Lillard tidak bisa kemana-mana dan hanya berdiam diri di kamar hotel.

Liga sudah menetapkan protokol kesehatan yang membatasi pertemuan pemain dengan orang-orang di luar lingkungan NBA. Itu pun termasuk keluarga mereka sendiri. Semua harus melalui persetujuan liga.

"Saya sudah tidak mengunjungi mereka sejak playoff musim 2018-2019. Ini aneh bagi saya. Padahal semua anggota keluarga saya sehat dan mampu menunjukkan hasil tes negatif. Ini mengecewakan, karena ketika kembali ke kampung halaman, tapi kita tidak bisa pulang ke rumah sendiri," kata Lillard kepada Yahoo!Sports.

Biasanya, Lillard akan mengunjungi neneknya setelah bertanding melawan Warriors. Lalu semua anggota keluarganya berkumpul. Tapi kini, Lillard harus mulai terbiasa dengan layanan kamar di hotel.

"Saya harap semua kembali normal. Semoga kita bisa segera kembali ke keluarga masing-masing," harapnya. "Rasanya aneh bertanding di Oakland tanpa bertemu keluarga. Saya anggap ini sebagai perjalanan bisnis, dan semoga saya bisa bertemu keluarga lain waktu."

Minggu ini, Blazers dijadwalkan dua kali bertemu Warriors. Di pertemuan pertama hari Jumat malam, Blazers menang 123-98. Lillard menjadi aktor di balik keberhasilan Blazers dengan sumbangan 34 poin dan delapan asis. Blazers dan Warriors akan kembali bertanding hari Minggu, 3 Januari waktu setempat. Pertandingan kedua tim akan selalu identik dengan persaingan Lillard dan Steph Curry. (tor)

Foto:USA Today

Komentar