IBL

Louvre Surabaya tampak adem ayem dalam bursa transfer sebelum IBL 2021. Justru mereka kehilangan Daniel Timothy Wenas dan Galank Gunawan. Namun ternyata Louvre berhasil meminang pemain ikon Kota Pahlawan, yaitu Sandy Febiansyakh Kurniawan. Kapten tim CLS Knights Surabaya ini akan memperkuat skuat asuhan Andika Supriadi Saputra.

Dua pilar penting Louvre sudah pergi. Daniel Wenas pindah ke kontestan baru IBL, Bali United Basketball. Sedangkan Galank Gunawan memilih kembali ke klub sebelumnya, yaitu Bank BPD DIY Bima Perkasa. Sementara itu dalam beberapa unggahan di Instagram @teamlouvre, Dimaz Muharri juga tidak tampak mengikuti latihan. Komposisi tim untuk musim depan juga masih menjadi misteri.

Namun perlahan tabir Louvre mulai terbuka. Senin, 21 Desember 2020, Louvre resmi memperkenalkan pemain barunya. Bukan pemain debutan, tapi justru mereka berhasil mengembalikan Sandy Febiansyakh ke IBL. Tahun 2006 adalah pertama kalinya Sandy menginjakkan kaki di GOR Kertajaya. Sejak itu, ia loyal bagi tim hingga sukses mengantarkannya di level Asia Tenggara.

Sejak pertama kali tampil di basket profesional, Sandy belum pernah bermain di tim lain. Pemain yang akrab disapa Keceng itu membela CLS selama 18 tahun, mulai dari IBL, berganti ke era NBL Indonesia, lalu kembali ke IBL lagi, sampai dengan ASEAN Basketball League. Bahkan Sandy yang dikenal sebagai kapten tim CLS Knights, juga tampil di Thailand Basketball Super League (TBSL), sebelum pandemi Covid-19. Sandy juga sudah pamit ke CLS, tim yang membesarkan namanya.

Soal pengalaman bermain dan prestasi, tidak usah diragukan lagi. Sandy pernah menjadi juara IBL 2016 dan ABL 2018-2019. Pemain kelahiran Jember, 19 Februari 1986 tersebut juga menjadi langganan timnas Indonesia di beberapa turnamen internasional. Sandy mendapatkan medali perak SEA Games 2015 dan 2017, serta masuk timnas Indonesia yang tampil di ASIAN Games 2018 Jakarta-Palembang. 

Menarik untuk melihat pergerakan Louvre dalam beberapa hari ke depan. Mereka akan mendatangkan pemain, atau justru kehilangan pemain lagi. Kabarnya, Louvre akan mengumumkan komposisi tim sebelum IBL merilis roster semua klub pada 24 Desember 2020 nanti. (tor)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar