IBL

Ada fakta baru seputar NBA yang diungkapkan oleh Dimitrije Curcic. Seorang Anaslis Basket dari Run Repeat. Curcic menuturkan bahwa mengurangi perjalanan pemain, bisa menurunkan risiko cedera. Jadi tidak perlu khawatir dengan kondisi pemain di musim 2020-2021 nanti.

Sebelum liga musim baru dimulai, ada sejumlah kekhawatiran yang melanda. Salah satunya tentang kebugaran pemain. Itu diungkapkan oleh beberapa pemain yang tampil hingga akhir musim, seperti pemain Los Angeles Lakers dan Miami Heat. Kurangnya waktu istirahat untuk pemulihan kondisi setelah mengarungi musim yang berat, membuat mereka bisa rentan cedera.

Anggapan tersebut tidak akan terbukti setelah membaca analisa Dimitrije Curcic dalam artikelnya berjudul "Unexpected Benefits of the NBA Bubble (Injury Analist). Curcic mengamati bahwa ada 172 gim dimainkan di dalam "gelembung" NBA di Orlando. Rinciannya 89 pertandingan "seeding games", lalu 83 gim playoff. Curcic membandingkan dengan rata-rata lima musim sebelumnya dengan 89 pertandingan "seeding games" yang melibatkan 22 tim.

Fakta utama yang ditemukan adalah "gelembung" NBA menjadi lingkungan paling aman dari cedera bagi pemain. Persentase melewatkan pertandingan karena cedera turun 28 persen lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata lima musim sebelumnya. Lalu temuan lainnya yaitu tingkat cedera pemain selama playoff di dalam "gelembung" turun 31 persen dibandingkan dengan rata-rata playoff sebelumnya. Padahal kenyataanya, para pemain harus menjalani jadwal yang padat selama di Orlando. Mereka hanya beristirahat paling lama dua hari antar-pertandingan.

Ini menunjukkan bahwa mengurangi perjalanan menjadi faktor penentu turunnya risiko cedera pemain. Meski jadwal pertandingan lebih padat dibandingkan musim normal. Inilah yang akan dipakai di NBA musim 2020-2021 nanti. Setiap tim akan menjalani 72 gim untuk musim reguler. Dipotong 10 gim dari musim normal. Sedangkan untuk jadwal, tim-tim akan menjalani pertandingan dengan lawan yang dekat lebih dulu.

Cedera pemain telah terbukti merugikan tim. Karena dalam kasus cedera pemain di musim normal, mereka akan melewatkan rata-rata 3,7 pertandingan per cedera. Sementara saat di "gelembung" Orlando, rata-rata absen per pertandingan turun menjadi 2,9 gim per kasus cedera, atau turun 24 persen lebih sedikit dari musim normal.

Musim NBA 2020-2021 akan berlangsung di luar "gelembung" NBA, meski kasus penularan Covid-19 di Amerika Serikat masih tinggi. Rencananya NBA akan meminimalisir perjalanan dan melarang penonton datang ke arena sebagai cara utama untuk menjaga keamanan pemain. (tor)

*Info grafis diambil dari runrepeat.com

Hasil penelitian lengkap Dimitrije Curcic bisa dibaca di tautan berikut: Unexpected Benefits of the NBA Bubble [injury analysis]

Foto: The Sports Rush

Komentar