IBL

Pada 22 Juli 2019, San Antonio Spurs memanggil kembali Tim Duncan. Salah satu legenda klub tersebut diminta menjadi asisten pelatih, mendampingi Gregg Popovich. Lalu pada 11 November 2020, Duncan mengundurkan diri setelah menjabat selama satu tahun lebih tiga bulan, dan 21 hari.

Menurut nba.com, Duncan diminta membantu Popovich melakukan peremajaan tim. Mereka tidak lagi bergantung pada pemain veteran seperti Manu Ginobili, Tony Parker, dan Kawhi Leonard. Tetapi Duncan tampaknya kurang nyaman dengan pekerjaan tersebut. Masih dari nba.com, Popovich sempat mengatakan bahwa Duncan bukan tipe pemain yang ingin menjadi pelatih.

Setelah pensiun, Duncan memang sering berkunjung ke tempat latihan Spurs. Itu karena Duncan senang melihat orang berlatih basket, bukan ingin menjadi asisten pelatih. Dia sering datang karena kebetulan toko otomotif "BlackJack Speed Shop" miliknya hanya berjarak kurang dari dua kilometer.

Sepanjang bertugas sebagai asisten, Duncan sempat ditunjuk menjadi kepala pelatih pada 3 Maret 2020. Di pertandingan tersebut, Popovich tidak bisa hadir karena alasan keluarga. Duncan menjadi kepala pelatih dan berhasil membawa Spurs menang tipis 104-103 atas Charlotte Hornets.

"Sangat berbeda duduk di kursi ini. Saya justru meminta asisten pelatih lain untuk membuat strategi. Sementara saya hanya ingin meneriaki pemain saja," kata Duncan, setelah gim tersebut selesai. "Saya akan menyerahkan kembali tugas ini pada Popovich saja. Saya serahkan dengan senang hati."

Tampaknya, Duncan memang tidak punya keinginan untuk kembali ke lapangan basket, setidaknya dalam waktu dekat. Sebab, setelah pensiun dari NBA tahun 2016 lalu, Duncan sibuk dengan hobi otomotif yang kini jadi bisnisnya. Toko otomotif sekaligus kustom mobil "BlackJack Speed Shop" sudah dibuat Duncan sejak 2013 silam. Seperti dilansir Spectrum Local News, Duncan ingin agar tugasnya melatih dan hobi otomotif bisa seimbang. Tampaknya sekarang Duncan lebih memilih bisnis otomotif.

Tim Duncan merupakan pemain legendaris Spurs. Dia tidak pernah pindah klub sejak 1997 hingga pensiun tahun 2016. Dia tercatat sudah lima kali juara NBA yaitu di tahun 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014. Duncan juga mendapatkan dua gelar MVP NBA di tahun 2002 dan 2003. Untuk menghormati jasanya, Spurs mengistirahatkan nomor jersei 21 milik Duncan. Dia menjadi pemain kedelapan dalam sejarah klub yang nomornya diistirahatkan. (tor)

Foto: USA Today

Komentar