IBL

Andre Iguodala sebagai wakil presiden Asosiasi Pemain NBA (NBPA) ikut angkat suara terkait polemik tanggal mulai liga musim depan. Pemain veteran Miami Heat tersebut mengaku sudah mendengarkan curahan hati beberapa pemain. Menurutnya, bila liga dimulai lebih cepat, maka dirinya khawatir pemain akan rentan cedera.

Pernyataan tersebut diungkapkan Iguodala saat menjadi tamu di SportsCenter ESPN. Menurut Iguodala ada puluhan pemain dari empat tim NBA yang baru saja melewati tekanan mental yang besar. Tim tersebut yaitu Los Angeles Lakers, Miami Heat, Denver Nuggets, dan Boston Celtics. Mereka bertanding di final wilayah yang menyita tenaga dan pikiran. Beban tersebut tentu lebih besar untuk Lakers dan Heat yang berhadapan di final NBA 2020.

"Itu menjadi tanggung jawab kami sebagai Asosiasi Pemain, untuk mendengarkan semua pendapat dan pikiran mereka. Lebih banyak keluhan datang dari tim-tim yang baru saja mengalami tekanan mental yang besar. Mereka yang tampil hingga akhir musim," kata Iguodala seperti dikutip dari Sports Illustrated.

NBA mengincar tanggal 22 Desember sebagai awal musim 2020-2021. Menurut Iguodala itu bukan waktu yang tepat. Dirinya khawatir beberapa pemain mengalami kelelahan fisik. Bila dipaksakan bermain, maka mereka bisa rentan cedera.

"Kami selalu mengutamakan kesehatan pemain dalam semua keputusan yang kami buat," kata Iguodala. "Mengurangi risiko penularan Covid-19 menjadi faktor terpenting saat ini. Namun pada saat yang sama, memulihkan kondisi pemain juga penting. Mungkin ada beberapa pemain yang akan terlambat masuk kompetisi."

Lakers dan Heat terakhir bermain pada 11 Oktober, tepatnya setelah Lakers memenangkan gim keenam. Tetapi itu bukan suara mayoritas NBA. Karena ada delapan tim yang tidak ikut ke Orlando. Sementara itu, tidak semua tim yang masuk "gelembung" NBA diperkuat pemain terbaiknya. Seperti Brooklyn Nets dan Washington Wizards. Ada beberapa bintang yang absen, entah karena cedera atau tidak mau pergi ke Orlando karena keberatan dengan lanjutan liga.

Pada akhirnya, suara yang menolak liga dimulai Desember jadi minoritas. Karena mayoritas dewan gubernur di liga sudah setuju bila musim 2020-2021 segera dimulai. Akhirnya, ada beberapa klub yang diperkirakan tidak turun dengan kekuatan penuh di awal musim.

Garda Lakers Danny Green baru-baru ini mengatakan kepada The Ringer bahwa LeBron James kemungkinan akan absen pada bulan pertama, bila NBA dimulai bulan Desember. Bila memang demikian, NBA juga harus siap menghadapi risiko bahwa liga dianggap kurang menarik di awal musim. (tor)

Foto: bleacherreport

Komentar