IBL

Final Konferensi NBA pada tahun 2023 adalah pertandingan yang sama persis dengan NBA "Bubble" Playoff 2020. Untuk Wilayah Barat ada pertemuan antara Los Angeles Lakers melawan Denver Nuggets, dan Boston Celtics melawan Miami di Wilayah Timur. Penggemar dari keempat tim ini sekarang dapat merasakan secara langsung pertandingan tensi tinggi ini. Karena pada tahun 2020 pertandingan Final Konferensi hanya bisa disaksikan melalui layar kaca. 

Lakers telah bermain luar biasa sebagai unggulan ketujuh, dan bisa sampai ke babak Final Konferensi. Lakers dan Miami Heat, menjadi dua tim pertama dari Play-In Tournament yang sampai ke Final Konferensi. Lakers mengalahkan Memphis Grizzlies di playoff putaran pertama, dan menyingkirkan juara bertahan Golden State Warriors di putaran kedua. Lakers menampilkan permainan bertahan yang tangguh.

Peringkat Efisiensi Bertahan 1,069 selama tiga pertandingan terakhir melawan Golden State Warriors, termasuk kekalahan 121-106 di Gim 5. Jadi kemungkinan besar Denver Nuggets akan mengalami kesulitan dalam menghadapi Lakers di Final Wilayah Barat. Tetapi Denver Nuggets sama efisiennya di babak playoff tahun ini. Mereka mengalahkan Minnesota Timberwolves dalam lima pertandingan, dan selanjutnya Phoenix Suns dalam enam pertandingan.

Seperti Lakers, Nuggets sempurna di rekor kandang. Sulit untuk tidak memuji performa Nikola Jokic dan Jamal Murray di babak playoff ini. Nuggets adalah tim peringkat ketiga untuk urusan serangan. Mereka punya Efisiensi Serangan di 1,143 musim ini. Jadi Nuggets kontra Lakers bisa diibaratkan sebagai pertandingan antara tim dengan serangan terbaik, melawan tim dengan pertahanan terbaik. 

Sementara itu, Boston Celtics akan berhadapan dengan Miami Heat di Final Wilayah Timur tahun ini, yang juga merupakan ulangan di tahun 2020. Kala itu, Celtics memimpin 3-2 atas Heat. Namun mereka gagal meredam Jimmy Butler, dan kalah di gim ketujuh. Heat akhirnya melaju ke Final NBA di "bubble" Orlando, sebelum akhirnya kalah dari Lakers. 

Celtics kali ini mengusung semangat "Unfinished Bussiness", saat melawan Heat di Final Konferensi nanti. Celtics akan berusaha merumuskan rencana permainan untuk menghentikan Miami Heat yang telah berjuang kembali ke final konferensi berkat beberapa penampilan epik Jimmy Butler. Ini adalah tantangan yang menurut Tatum, Celtics siap mengalahkan mereka. 

"Heat adalah sebuah tim yang sangat kami kenal, ketiga kalinya dalam empat tahun terakhir, kami melawan mereka di babak playoff," kata Tatum. "Tim yang sangat terlatih. Mereka bermain keras. Mereka bertahan. Dan, mereka mencari cara untuk memenangkan pertandingan. Ini akan menyenangkan. Ini akan menjadi sangat kompetitif. Saya tak sabar untuk itu," kata Jayson Tatum. (*)

Foto: Silver Screen and Roll

Komentar