IBL

Boston Celtics menang 112-88 atas Philadelphia 76ers di Gim 7 Semifinal Wilayah Barat, Minggu (14/5) waktu Amerika Serikat. Kemenangan tersebut memastikan mereka melaju ke Final Wilayah Timur untuk kedua kali dalam dua tahun terakhir. Jayson Tatum meledak dengan kontribusi 51 poin di laga ini. Dirinya lega karena bisa membawa Celtics melangkah lebih jauh. 

Jelas ada kekhawatiran dalam diri Tatum, di mana mereka awalnya tertinggal dari Sixers, di seri best-of-seven putaran kedua Playoff NBA 2023 untuk Wilayah Timur. Belum lagi soal kemampuannya yang mulai diragukan, karena hanya dua kali mencetak 30+ poin saat menghadapi Sixers. Namun Tatum menjawabnya di gim penentuan. Dia mencetak 51 poin dan menambahkan 13 rebound. Tatum memecahkan rekor poin terbanyak di gim ketujuh, yang dibuat oleh Stephen Curry, minggu lalu, dengan catatan 50 poin. 

"Saya merasa lega, karena bisa melangkah sejauh ini. Musim kami bisa saja berakhir setelah gim keenam. Sudah pasti dalam pikiran saya, bahwa saya telah bermain buruk dalam beberapa pertandingan," ungkap Tatum, usai pertandingan. 

Wajar kalau rasa khawatir ada dalam benak Tatum. Pada gim kelima, dia memulai pertandingan dengan akurasi tembakan 0 dari 6 percobaan. Kemudian di gim keenam, dia melewatkan 14 tembakan dari 15 percobaan secara keseluruhan di awal laga. Tatum hanya mencetak tiga poin dalam tiga kuarter, sebelum akhirnya bisa mencetak 19 poin yang menjadi titik balik kemenangan bagi Celtics di gim keenam. 

Namun dia menjawabnya di gim ketujuh, di mana Tatum mencetak 11 poin di kuarter pertama, dan 14 poin di kuarter kedua. "JT melakukan hal yang seharusnya dia lakukan. Dia berhasil, dan tidak ada yang bisa dilakukan Sixers untuk menghentikannya," kata Jaylen Brown, memuji performa rekan setimnya. 

Jaylen Brown menyumbang 25 poin. Membuat Celtics bangkit dari defisit 2-3 untuk memenangkan putaran kedua. Mereka berhasil mempertahankan peluang untuk meraih gelar juara ke-18, yang belum bisa mereka wujudkan sejak duet Tatum dan Brown ada di tim ini. Sementara itu, Joel Mazzulla sebagai kepala pelatih berharap bisa terus membawa semangat di gim ketujuh sampai di Final NBA. 

"Selalu datang harapan. Itu adalah cara agar tim bisa melewati playoff," ujar Mazzulla. 

Tatum dikeluarkan dari permainan dengan tiga menit tersisa untuk tepuk tangan meriah dari penonton, yang segera pecah dalam nyanyian "Beat the Heat!". Boston Celtics akan menghadapi Miami Heat yang menjadi laga ulangan Final Wilayah Timur tahun 2020. Kala itu Heat menundukkan Celtics dalam enam pertandingan. (*)

Foto: nba.com

Komentar