IBL

Miami Heat sedang menunggu lawan. Mereka menanti siapakah yang akan melaju ke Final Wilayah Timur. Apakah Philadelphia 76ers atau Boston Celtics. Sebab gim ketujuh akan digelar besok, Senin (15/5) waktu Indonesia. Pertandingan penentuan ini akan berlangsung di TD Garden, kandan Celtics. 

Kekalahan Sixers di gim keenam memang di luar prediksi. Karena James Harden dan Joel Embiid sama-sama dalam performa terbaiknya. Tapi mereka terkena penyesuaian dari Celtics, yang murunkan Al Horford dan Robert Williams III sekaligus. "Saya tidak berbicara apa-apa dalam sesi video selama 42 detik yang menunjukkan bahwa kedua pemain ini sangat berpengaruh pada pertahanan tim kami. Saya hanya mencoba menjelaskan kepada pemain bahwa ini yang terjadi setelah kami membiarkan dua pemain frontcourt Celtics," jelas kepala pelatih Doc Rivers, usai latihan tim Sixers. 

Foto: The Athletic

Celtics bukan hanya unggul 15-3 di awal laga. Menurut pelatih Doc, kehadiran Williams di paint-area punya dampak besar dalam pertahanan. Naluri bertahannya luar biasa. Karena terlihat beberapa kali Tyrese Maxey gagal mencoba untuk mencetak poin dengan floater. Jelas ini bakal jadi perhatian Doc Rivers di gim ketujuh, yang sangat menentukan nasib mereka. 

Kembali ke prediksi pertandingan penentuan, bahwa Celtics punya keuntungan dengan memainkan gim penentuan di kandang. Tapi menurut Michael Kaskey-Blomain dari CBS Sports, mereka harus bisa membebaskan Jayson Tatum dari kepungan pemain bertahan lawan. Tatum adalah pemain dengan rata-rata 30 poin per gim selama musim reguler. Namun hanya dua kali mencapai 30 poin saat berhadapan dengan Sixers. Selain itu, mengawali laga dengan bagus akan menjadi kunci agar serangan lebih konsisten. Seperti yang terjadi di gim keenam. 

Sebaliknya dari tim Sixers, laga penentuan akan sangat bergantung kepada Joel Embiid dan James Harden. Mereka harus tampil lebih solid, jika tim Sixers ingin kembali ke final konferensi pertama mereka sejak 2001. Sayangnya, pada gim keeman, terlihat kalau Joel Embiid kurang konsisten di menit-menit akhir. Seperti yang terjadi di gim keenam, di mana Embiid tidak melakukan percobaan tembakan dalam waktu empat menit terakhir. Padahal untuk menang dari Celtics, Embiid setidaknya harus menekan pertahanan lawan untuk menciptakan peluang mencetak poin. 

Sementara itu, Dan Devine, penulis senior NBA dari Yahoo!Sports membuat tiga catatan utama untuk gim ketujuh antara Sixers dan Celtics. Pertama soal Sixers, di mana mereka harus mencari cara untuk menghentikan duet Horford-Williams. Karena menurut data dari nba.com, Sixers hanya bisa mencetak 10 tembakan dari 23 percobaan di dalam busur, serta 3 tripoin dari 11 percobaan dalam 19 menit ketika Horford berduet dengan Williams. 

"Paint area penuh sesak ketika mereka berdua bermain," kata Tyrese Maxey mengambarkan situasi di mana Horford dan Williams ada di barisan pertahanan Celtics. 

Catatan kedua adalah dari sisi Celtics, yaitu Jayson Tatum harus lebih baik dari gim keenam. Khususnya dalam meningkatkan akurasi tembakan Celtics. Karena selama musim reguler, ketika Celtics mencetak akurasi tembakan 40 persen atau lebih, mereka punya rekor 35-2. Tapi ketika mereka punya akurasi tembakan di bawah 40 persen, Celtics punya rekor 29-28. Strategi yang digunakan Celtics dengan memasang Horford dan Williams bersamaan, bisa jadi bumerang bagi tim tersebut. Karena menurunkan suplay bola kepada Jayson Tatum sebagai pencetak poin utama. 

Foto: Bleacher Report

Catatan ketika dari Dan Devine yaitu tentang James Harden. Karena sekarang Harden sedang jadi "Anak Baik" di Sixers. Sepanjang musim dia menjadi pelengkap di Sixers, dia siap berkorban, menjadi fasilitator dalam setiap strategi. Tapi kalau situasinya mendesak seperti ini, bisa jadi Sixers melepaskan sisi liar dari seorang Harden. Ingat bahwa Harden pernah mencetak 38 poin, 10 rebound, dan 9 asis pada salah satu pertandingan Final Wilayah Barat tahun 2015 melawan Warriors. Membiarkan Harden bermain sesuk hati saat menyerang, bisa jadi strategi yang bagus untuk Sixers. Sementara Embiid dan Maxey fokus memperkuat pertahanan mereka. Menurut Devine, Harden masih berstatus pemain dengan kemampuan menyerang terbaik di liga. 

Data dari tribdem.com menunjukkan bahwa Celtics memiliki rekor 26-9 di gim ketujuh playoff dalam sejarah NBA. Sementara Sixers lebih buruk dengan rekor 6-11 untuk gim penentuan. Namun dalam sejarah kepelatihan Doc Rivers, dia mencetak rekor 3-1 untuk gim ketujuh sepanjang kariernya. (*)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar