IBL

Nike Kyrie 7 akhirnya datang juga. Setelah sempat dibocorkan pada peluncuran jersei Brooklyn Nets, kali ini enam varian warna Kyrie 7 siap dilepas ke pasaran mulai 11 November nanti. Kyrie 7 di klaim lebih ringan dari beberapa edisi pendahulunya.

Ide awal pembuatan Kyrie 7 adalah penurunan berat badan pemain selama karantina Covid-19. Para pemain NBA, termasuk Kyrie Irving melakukan latihan keras hingga membuat mereka lebih kurus dari sebelumnya. Kali ini yang berperan dalam pembuatan sepatu baru Irving adalah Nike NXT Advance Design Studio. Mereka membuat desain berdasarkan data yang dikumpulkan Nike Sports Research Lab terhadap permainan Kyrie Irving.

Hasilnya ada beberapa perubahan kecil yang berdampak besar. Seperti dikutip dari news.nike.com, Kyrie 7 lebih ringan dari Kyrie 6. Ini karena beberapa bagian sol dipotong untuk mengurangi bobot sepatu. Ide tersebut datang dari Ben Nethongkome sebagai Desainer Sepatu Senior Nike. Sementara di bagian atas, dipakai bahan mesh komposit yang memberi fleksibilitas dan mengurangi bobot sepatu beberapa ons.

Secara estetika, Kyrie 7 masih mengadopsi edisi pendahulunya. Ada Air Zoom Turbo yang dibuat bergerigi seperti gigi predator. Logo khas Kyrie Irving juga masuk dalam sepatu tersebut yaitu "Seeing Eye". Untuk beberapa varian warna, Irving memasukkan nama ibu dan putrinya.

Ada enam varian warna yang akan mulai diluncurkan 11 November 2020. Ada Kyrie 7 "Special FX" yang terinspirasi dari pembuatan film "Uncle Drew" yang fenomenal. Dilanjutkan dengan Kyrie 7 "Expressions" yang terinspirasi dari apresiasi Irving terhadap seni dan kebebasan berekspresi.

Nike Kyrie 7 "Sports Icon" diluncurkan sebagai penghargaan untuk orang-orang yang telah berjasa dalam hidup Irving. Pola rantai terletak di tumit menunjukkan bahwa Kyrie Irving awalnya berasal dari bola basket jalanan, atau di lapangan yang berada di taman-taman kota. Di bagian sol sepatu ada warna ungu dan kuning untuk menghormati mendiang Kobe Bryant. Sementara warna hitam dan biru dibuat untuk menghormati pelatihnya dulu, yaitu Mike Kryzyzewski. Meski ada penghormatan untuk Kobe Bryant, tetapi Nike telah mengumumkan bahwa tidak membuat edisi "Mamba" untuk Kyrie 7

Warna berikutnya diberi nama "Soundwave". Irving mengambil inspirasi dari sahabat dekatnya, Travis Scott. Sepatu ini mencerminkan bahwa Irving adalah pribadi yang suka musik. Lalu ada "Sisterhood" yang akan dikeluarkan saat liburan akhir tahun 2020, dengan warna biru terang.

Jalur warna terakhir, atau andalan dari Kyrie Irving diberi nama "BK Black". Perpaduan warna hitam dan putih ini sudah dipakai sejak Kyrie 3. Kali ini menjadi warna utama Kyrie 7.

Kyrie Irving akan tampil kembali di liga bersama Brooklyn Nets setelah sempat absen karena cedera bahu. Begitu pula dengan Kevin Durant. Mereka berdua akan berkolaborasi di bawah asuhan kepala pelatih Steve Nash. (tor)

Foto: Nike.com

Komentar