IBL

Bursa pemain bebas agen NBA 2020 bakal lebih heboh dari biasanya. Sebab, ada lebih dari 75 pemain yang akan tersedia di pasar. Termasuk tujuh pemain bintang yang bisa berpeluang membuat perubahan besar di tim barunya.

Ada nama Kawhi Leonard dalam bursa pemain bebas agen NBA 2019. Saat itu, pemberitaan di media fokus pada tim yang akan mengambilnya dari Toronto Raptors. Ternyata, Leonard memilih LA Clippers, dan bergabung dengan Paul George. Awalnya, keputusan tersebut membuat Clippers jadi unggulan juara. Faktanya, mereka gugus di Playoff NBA 2020 putaran kedua.

Tahun ini, menurut cbssports.com ada 75 pemain yang tercatat sebagai pemain bebas agen. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Bahkan tahun ini bisa lebih banyak lagi. Selain itu, cbssports.com juga memilih tujuh pemain bebas agen yang dianggap punya kualitas lebih baik dibandingkan pemain lainnya.

Tujuh pemain tersebut antara lain Fred Van Vleet (Toronto Raptors), Bogdan Bogdanovic (Sacramento Kings), Joe Harris (Brooklyn Nets), Danilo Gallinari (Oklahoma City Thunder), Davis Bertans (Washington Wizards), Montrezl Harrell (LA Clippers), dan Christian Wood (Detroit Pistons).

Situs yang sama juga menambahkan beberapa pemain bebas agen yang tampil luar biasa di "gelembung" NBA. Mereka berpotensi menghebohkan pasar bursa pemain bebas agen yang belum tahu kapan akan dibuka. Empat pemain yang masuk kategori ini yaitu Jerami Grant (Denver Nuggets), Goran Dragic (Miami Heat), serta dua pemain dari tim juara NBA 2020, Los Angeles Lakers, yaitu Rajon Rondo dan Kentavius Caldwell-Pope.

Seperti diberitakan mainbasket.com sebelumnya, bahwa Rajon Rondo ingin mencoba peruntungannya di pasar bursa pemain bebas agen. Dirinya menolak untuk memakai opsi pemain di Lakers. Situasi yang sama sedang dihadapi oleh Anthony Davis yang juga menolak memakai opsi pemain. Bedanya, Davis masih membuka kemungkinan untuk negosiasi ulang dengan Lakers. Sedangkan Rajon Rondo, sudah pasti meramaikan pasar.

Baca Juga: Tolak "Opsi Pemain", Rondo Coba Pasar Pemain Bebas

Situs spotrac.com menyediakan daftar pemain bebas agen 2020, lengkap beserta statistik hingga kontrak terakhir yang diterimanya. Jumlahnya ada sekitar 230 pemain. Daftar tersebut dibuat dengan asumsi para pemain belum melakukan negosiasi dengan klub lamanya. Daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.

Kesepakatan dengan nilai kontrak paling besar tahun ini kemungkinan akan jatuh ke tangan Anthony Davis, yang dilaporkan akan menolak opsi pemainnya untuk musim depan dan menandatangani kontrak baru dengan Lakers. Tentunya Lakers akan menawarkan nominal yang fantastis untuk mendapatkan jasa Davis setidaknya semusim ke depan.

Baca Juga: Anthony Davis Tolak "Opsi Pemain", Cari Kesepakatan Baru dengan Lakers

Menyusul di belakang Davis, ada Brandon Ingram yang kemungkinan besar akan dipertahankan oleh New Orleans Pelicans, berapa pun harganya. Ingram sebagai Most Improved Player 2019-2020 dianggap sebagai bintang masa depan Pelicans, sepeninggalan Davis ke Lakers. Bila dua pemain tersebut dipertahankan klubnya, maka ada nama Fred VanVleet yang menjadi urutan teratas dalam daftar pemain bebas agen. Disusul setelahnya Goran Dragic, Montrezl Harrell, dan Rajon Rondo.

Pembukaan pasar bursa pemain bebas agen belum ditentukan oleh NBA. Sepertinya, akan dibuka setelah NBA Draft 2020 tanggal 18 November mendatang. (tor)

Foto: Pinterest

Komentar