IBL

NBA 2020-2021 akan dimulai pada 22 Desember. NBA Draft dilakukan pada 18 November nanti. Kemudian liga dan Asosiasi Pemain (NBPA) sepakat bahwa bursa pemain "free agent" dibuka pada 20 November mendatang.

Seperti ditulis Associated Press, negosiasi dengan pemain free agent diperbolehkan pada pukul 6 sore, tanggal 20 November waktu Amerika Serikat. Jendela bursa kali ini sangat cepat, karena klub-klub hanya punya waktu 10 hari sebelum kamp pelatihan dimulai pada 1 Desember nanti. Jadi negosiasi harus cepat dan juga tepat.

Mulai sekarang, semua kontestan NBA sudah mulai negosiasi kontrak dengan pemain yang punya opsi pemain dalam kontraknya. Sedangkan untuk pemain free agent yang tidak diperpanjang kontraknya oleh klub, saat ini mencapai 100 pemain.

Batas gaji dan pajak untuk tahun ini tidak berubah. Batasnya AS$ 109,14 juta, dengan pajak AS$132,6 juta. Angka tersebut seharusnya naik menjadi AS$115 juta. Tetapi NBA dan NBPA sepakat untuk tetap dengan aturan yang sama, mengingat ada 10 gim yang dipotong. Jadi musim reguler 2020-2021 setiap tim akan bertanding 72 gim.

Kemudian NBPA juga sepakat mengurangi gaji pemain sebesar 10 persen. Ini untuk menutupi kerugian yang dialami oleh NBA karena penundaan liga akibat virus korona. Tetapi NBPA menjamin bahwa pemain tidak akan dipotong gajinya sampai 20 persen. Pemotongan ini tidak akan dilakukan lagi setelah keuangan liga kembali normal.

Menurut Yahoo!Sports, ada empat tim yang berpeluang membayar pajak lebih mahal ketimbang tim lainnya. Mereka adalah Golden State Warriors, Brooklyn Nets, Boston Celtics, dan Philadelphia 76ers. Mereka adalah tim yang punya pemain termahal di liga, atau tim yang akan mengikat kontrak jangka panjang dengan pemainnya. Seperti Boston Celtics yang berencana memberi kontrak maksimal pada Jayson Tatum. (tor)

Foto: nba.com

Komentar