IBL

New York Knicks, Brooklyn Nets, Chicago Bulls dan terakhir Philadelphia 76ers sudah mendapatkan pelatih baru. Jadi tim yang kursi pelatihnya masih kosong yaitu Houston Rockets, Indiana Pacers, LA Clippers, New Orleans Pelicans, dan Oklahoma City Thunder. Menarik untuk menunggu siapa yang akhirnya duduk di kursi panas musim 2020-2021 mendatang. Sementara itu, rumor-rumor sudah mulai tersebar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Knicks lebih dulu mengambil Tom Thibodeau, sedangkan Nets memilih Steve Nash yang belum punya pengalaman melatih tim sebelumnya. Bulls menampung Billy Donovan setelah tidak lagi bersama Thunder. Lalu yang terakhir Doc Rivers langsung diterima Sixers, hanya berjarak tiga hari setelah dirinya pamit dari Clippers.

Dari tim-tim tersebut, kini ada nama-nama pelatih yang masih belum punya tim. Mereka adalah Kenny Atkinson yang berpisah dengan Nets, Brett Brown yang sebelumnya di Sixers. Ada lagi Mike D'Antoni yang memilih keluar dari Rockets setelah melatih sejak 2016. Dave Joerger juga belum punya pekerjaan selepas pergi dari Sacramento Kings, disusul Nate McMillian yang meninggalkan Pacers musim ini.

Ada pula nama-nama pelatih yang hebat, sayangnya belum dapat tim sampai sekarang. Mereka adalah Mark Jackson yang pernah melatih Golden State Warriors sejak 2011 hingga 2014. Serta Jeff Van Gundy yang sempat memimpin Timnas Amerika Serikat.

Dari nama-nama tersebut, ada yang sudah dikaitkan dengan tim yang sedang mengalami kekosongan pemimpin. Kevin O'Connor dari The Ringer melaporkan bahwa Pelicans tertarik menggunakan jasa D'Antoni. Lalu Adrian Wojnarowski dari ESPN pernah menyebut bahwa Joerger sedang dipertimbangkan oleh manajemen Pacers. Lalu yang terakhir, menurut Mack Stein dari New York Times, Van Gundy dijadwalkan wawancara dengan Rockets. Van Gundy sebenarnya sudah pernah menjadi pelatih Rockets di tahun 2003 hingga 2007.

Di luar nama-nama tersebut, ada pula asisten-asisten yang rumornya bakal naik pangkat. Mike Brown, asisten pelatih Warriors, dicalonkan menjadi pelatih Clippers, menggantikan Doc Rivers. Sedangkan Tyronn Lue, yang sempat menjadi asisten pelatih Clippers, kini dipertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai pelatih di Pelicans, Rockets, dan Clippers. Muncul pula nama Jason Kidd, yang siap bersaing dengan Lue untuk mendapatkan kursi kepala pelatih tahun ini. Adrian Wojnarowski juga sempat melaporkan bahwa Becky Hammon, asisten pelatih San Antonio Spurs melakukan wawancara dengan manajemen Pacers. Namun sampai hari ini belum ada kelanjutannya.

NBA sudah masuk masa libur kompetisi. Tetapi liga sendiri belum menentukan kapan akan dimulai. Agenda terdekat yaitu NBA Draft 2020 yang dijadwalkan pada 18 November mendatang. NBA juga belum menentukan kapan pasar bursa pemain bebas agen dibuka. Shams Charania dari The Athletic melaporkan bahwa NBA dan Asosiasi Pemain (NBPA) setuju untuk menunda pembukaan bursa pemain setelah Draft selesai. (tor)

Foto: NBA

Komentar