IBL

Perjalanan bersejarah Andre Iguodala berlanjut. Meski sudah tidak bersama Golden State Warriors lagi, Iguodala tampil di final NBA keenam kalinya berturut-turut, menyusul kemenangan Miami Heat, 4-2, atas Boston Celtics di final Wilayah Timur.

Heat mengalahkan Celtics dengan skor 125-113 di gim 6 final Wilayah Timur, Minggu, 27 September waktu setempat. Igoudala termasuk satu dari delapan pemain Heat yang tampil di gim tersebut. Dia diturunkan selama 27 menit dengan kontribusi 15 poin, 3 rebound, 1 asis, dan 2 steal. Iguodala mencetak akurasi 5 dari 5 percobaan tembakan, termasuk 4 dari 4 percobaan tripoin. Ini merupakan skor tertinggi Iguodala di babak playoff, karena kebanyakan dia memperkuat pertahanan.

Pemain berusia 36 tahun itu kini masuk menjadi pemain ke-10 yang pernah mencetak enam kali final NBA atau lebih secara beruntun. Sembilan pemain lainnya adalah Bill Russell (10 kali), Sam Jones (9 kali), Tom Heinsohn (8 kali), Frank Ramsey (8 kali), James Jones (8 kali), LeBron James (8 kali), KC Jones (7 kali), Bob Cousy (7 kali), dan Tom Sanders (6 kali).

Catatan yang mengesankan adalah Iggy melakukannya dengan dua tim, yaitu Golden State Warriors dan Miami Heat. Sama seperti LeBron James dan James Jones, yang pernah mencapai final NBA bersama Miami Heat dan Cleveland Cavaliers.

Setelah final NBA 2019 bersama Warriors, Iguodala ditukar dengan Julian Washburn dari Memphis Grizzlies. Iguodala minta izin untuk berlatih sendiri, tapi keputusan ini menuai kritik dari bintang-bintang muda seperti Dillom Brooks dan Ja Morant. Pada 6 Februari 2020, Iguodala ditukar ke Miami Heat dalam perdagangan yang melibatkan tiga tim, dengan Grizzlies dan Minnesota Timberwolves. Pemain yang terlibat saat itu adalah Jae Crowder dan Solomon Hill. Iggy akhirnya menandatangani kesepakatan perpanjangan kontrak dua tahun dengan nilai sebesar AS$30 juta.

Berkahnya, justru Iggy kembali ke final NBA untuk keenam kalinya berturut-turut. (tor)

Foto: NBA

 

Komentar