IBL

MVP NBA 2019 Giannis Antetokounmpo menggunakan pelindung pergelangan kaki di sesi latihan hari Senin, 7 September waktu setempat. Semua terlihat seperti mimpi buruk bagi Milwaukee Bucks saat dirinya berteriak kesakitan memegangi engkel kanannya kemarin. Tapi Bucks masih berharap Antetokounmpo bisa bermain di gim kelima Semifinal Wilayah Timur melawan Miami Heat.

Antetokounmpo mendapatkan perawatan intensif pada pergelangan kaki kanannya sepanjang hari Senin. Kepala Pelatih Mike Budenholzer belum bisa memberi kepastian. Mungkin bisa diketahui beberapa jam sebelum pertandingan gim kelima dimulai.

"Saya akan mengatakan secara umum, seorang pemain cedera yang turun di pertandingan akan memperburuk keadaan. Tapi bila ada pemain yang sehat, lalu tiba-tiba cedera, maka itu bisa merusak strategi. Maka sebagai pelatih, harus segera melakukan penyesuaian dengan cepat," kata Budenholzer setelah latihan.

Pada pertandingan kemarin, Bucks secara dramatis selamat dari jurang eliminasi setelah menang 118-115 lewat babak taambahan waktu. Khris Middleton mengisi lubang yang ditinggalkan Antetokounmpo. Bucks memang kalah di tembakan tripoin dan tembakan gratis. Tetapi mereka berhasil mendominasi area lubang kunci. Para pemain Bucks lebih rajin mengejar bola, mereka mengambil keuntungan dari lemahnya pertahanan Heat.

"Kami memang masih ada di ambang jurang eliminasi. Tapi apakah kami akan menyerah? Tentu tidak," kata garda Wesley Matthews.

Sebaliknya, Miami Heat tidak mau kecolongan lagi. Mereka sempat beranggapan bahwa keluarnya Giannis Antetokounmpo di awal gim keempat, bakal melemahkan serangan Bucks. Justru mereka tak menyangka Bucks tetap lawan yang berbahaya. Heat yang seharusnya bisa menang 4-0, harus menunda pestanya. Kini di gim kelima, mereka tidak akan main-main lagi.

"Kami mengantisipasi dia (Antetokounmpo) bermain, siap untuk pergi," kata veteran Heat Andre Iguodala. "Kami harus bisa menyesuaikan diri dengan Antetokunmpo, dan lebih baik bila tanpa Antetokounmpo. Mereka pastinya tidak akan datang dengan permainan yang biasa saja."

Iguodala berpendapat bahwa Antetokounmpo punya keahlian dan sangat kuat dalam mencetak poin. Dia memang bukan pemain yang cepat, tetapi dia bisa mengendalikan kecepatan. Antetokounmpo bisa dengan tiba-tiba mengubah gaya bermainnya.

"Dia memiliki keahlian melakukan perubahan, seperti cepat-lambat, lambat-cepat. Itu yang menurut saya paling sulit untuk dijaga," katanya.

Sementara itu, pelatih Bucks Mike Budenholzer akan mendengarkan masukan staf medis. Mereka yang bertugas menimbang kondisi pergelangan kaki Antetokounmpo.

"Secara organisasi kami memiliki staf yang hebat," kata Budenholzer. "Mereka telah bagian dari semua keputusan di masa lalu. Saya percaaya pada mereka. Tinggal bagaimana komunikasi antara mereka dan Giannis."

Budenholzer akan membuat keputusan yang tepat untuk menjaga dan melindungi Giannis Antetokounmpo. Ini karena pemain tersebut masih punya karier yang panjang. Bucks tidak akan memaksakan dia bermain bila membahayakan masa depannya. (tor)

Foto: Bucks

Komentar