IBL

Chicago Bulls membuat keputusan yang mendapat banyak dukungan penikmat NBA setelah mengangkat mantan Kepala Pelatih Oklahoma City Thunder, Billy Donovan, sebagai kepala pelatih mereka. Billy diyakini banyak pihak memiliki kapasitas baik sebagai seorang pelatih dan juga mentor kehidupan untuk para pemainnya. Di sisi lain, Billy yang pernah menangani tim kampus juga berpengalaman memimpin tim dengan mayoritas pemain usia muda seperti Bulls.

Bulls yang kini sedang menggelar latihan bersama di fasilitas latihan mereka terlihat sangat positif dengan situasi mereka sekarang. Hal ini cukup berbanding terbalik ketika Jim Boylen masih menangani tim di mana banyak friksi di seluruh sektor tim. Melihat hal ini, dilansir akun twitter resmi tim, Billy sudah memiliki langkah pertama yang akan ia lakukan dalam memimpin Bulls.

“Hal pertama yang akan saya lakukan adalah melihat video para pemain sebanyak-banyaknya,” buka pelatih yang diikat kontrak empat tahun sebesar AS$24 juta ini. “Saya juga akan langsung berbicara dengan para pemain, mendengarkan apa keinginan mereka, bagaimana mereka ingin berperan dalam tim. Cara bermain seperti apa yang membuat mereka efektif, bagaimana saya bisa memanfaatkan ketangkasan mereka dan lalu dari sana saya bisa membuat skema permainan,” tutupnya.

(Baca juga: Gerak Cepat, Chicago Bulls Tarik Billy Donovan Jadi Pelatih Baru)

Di sisi lain, Presiden Bulls, Arturas Karnisovas juga dikabarkan sudah berbicara langsung dengan Billy mengenai komposisi pemain. Karnisovas percaya bahwa skuad muda yang dimiliki Bulls memiliki potensi yang luar biasa dan dengan apa yang mereka tunjukkan dalam beberapa tahun terakhir, skuad ini bisa berbicara banyak.

Hal ini mengisyaratkan bahwa Karnisovas berharap Billy tak meminta banyak perubahan di skuad inti Bulls guna mengarungi musim 2020-2021. Musim ini, Bulls sangat bergantung kepada garda mereka Zach LaVine. Beruntungnya, Zach juga menunjukkan peningkatan permainan yang luar biasa. Zach juga mendapat bantuan yang cukup dari ruki, Coby White dan pemain tahun kedua, Wendell Carter Jr.

Satu masalah yang harus diselesaikan Billy adalah Lauri Markkanen. Memasuki musim ketiganya, Lauri justru mengalami penurunan permainan akibat strategi yang tidak populer dari Boylen. Billy harus memutuskan apa yang ingin ia lakukan terhadap pemain asal Finlandia ini mengingat potensi Markkanen yang diyakini bisa menyamai Kristaps Porzingis. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar