IBL

Liga profesional sepak bola dan bola basket akan mulai bergulir kembali pada bulan Oktober nanti. Dua federasi cabang olahraga tersebut sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Kamis 16 September. Penyelenggara IBL berkomitmen untuk melaksanakan amanat BNPB untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Nota kesepahaman atau perjanjian ini punya arti bagi kami sebagai landasan untuk memperhatikan secara penuh protokol kesehatan saat pelaksanaan lanjutan kompetisi bulan Oktober nanti," kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL, setelah acara tersebut selesai.

Kelanjutan Kompetisi IBL 2020 nanti diharapkan dapat menjadi media komunikasi kepada masyarakat tentang pentingnya meningkatkan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan. Terutama tentang Gerakan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak), yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Sambil melakukan sosialisasi, kami juga tetap aktif dan produktif dalam menekan risiko penyebaran Covid-19," imbuh Junas.

Sosialisasi protokol kesehatan sudah dilakukan gencar oleh IBL dan klub-klub peserta. Mereka sudah melaksanakan ini sejak tahap pertama latihan di masa pandemi. Selain itu, tahap persiapan lanjutan IBL juga sudah dimulai sejak bulan Agustus lalu. Junas selaku Direktur IBL juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Direktur Sistem Penanggulangan Bencana BNPB, Dr. Udrekh.

"Kami sudah melakukan simulasi dengan menjalankan protokol kesehatan yang sudah direkomendasi oleh pihak-pihak terkait," jelas Junas.

Sementara itu, Menpora RI Zainudin Amali juga menyambut baik dukungan dari BNPB dan Satgas Covid-19 serta tekad cabang sepakbola dan bola basket melanjutkan kompetisi.

"Saya gembira dengan komitmen sepakbola dan bola basket. Kompetisi adalah salah satu faktor penting dalam peningkatan prestasi. Terima kasih pula kepada BNPB yang memberikan dukungan penuh. Saya berpesan kepada cabang sepakbola dan bola basket untuk mematuhi pesan dari BNPB," katanya.

Lanjutan Kompetisi IBL 2020 akan digelar di Mahaka Square Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 13-27 Oktober mendatang. Pesertanya sembilan klub dan langsung ke babak playoff. (tor)

Baca Juga: Pesan BNPB: Kegiatan Olahraga Penting, Tapi Keselamatan Jadi Prioritas

Foto: IBL Indonesia

Komentar