IBL

Rivalitas Kevin Durant dan LeBron James terbilang lama di NBA. Mereka sudah bersaing sejak final NBA 2011 hingga 2018. Durant mengakui bahwa James adalah saingan terberatnya, dan berharap mereka bisa bermain lebih lama lagi di NBA.

Kevin Durant terlihat sangat bersemangat ketika Alex Rodriguez dari Barstool Sports menanyakan tentang LeBron James. Pemain yang awalnya menjadi panutan, hingga mereka terlibat persaingan di NBA.

"Sejak saya di duduk ke sekolah menengah dan menyalakan televisi, orang-orang menyebut LeBron James adalah Michael Jordan di masa depan," kata Kevin Durant.

"Dalam pikiran saya, sepertinya James memang pemain terbaik. Jadi saya harus bisa sebagus dia, atau pada akhirnya nanti, saya ingin menatap matanya langsung suatu saat nanti, dalam karier saya."

Keyakinan itu benar. Durant menyusul LeBron ke NBA, dan meramaikan persaingan head-to-head di NBA sampai sekarang. Apa yang pernah dikatakan Durant di masa muda juga sudah terjadi. Dirinya sering menatap mata LeBron James di tengah-tengah pertandingan.

LeBron James memasuki liga tiga musim sebelum Kevin Durant. James menjadi pilihan pertama dalam Draft NBA 2003, dan diambil oleh Cleveland Cavaliers. Sedangkan Durant, diambil oleh Seattle SuperSonics pada Draft NBA 2007 sebagai pilihan kedua secara keseluruhan.

James mengalahkan Durant muda di Final NBA 2012. Saat itu, Durant masih bermain untuk Oklahoma City Thunder bersama Russell Westbrook dan James Harden. Sedangkan James sudah memimpin Miami Heat.

Thunder terlihat perkasa di playoff 2012 dengan menyingkirkan juara bertahan Dallas Mavericks, 4-0. Kemudian LA Lakers jadi korban selanjutnya dengan agregat 4-1. Di final Wilayah Barat, Thunder menyapu San Antonio Spurs, 4-2. Tetapi LeBron James membuat hati Kevin Durant hancur dengan menjadi juara NBA setelah menang 4-1 dari Thunder. Rasa sakit itu disimpan selama setengah dekade. Sampai akhirnya Durant memutuskan untuk hijrah ke Golden State Warriors.

Durant akhirnya mendapatkan kehormatannya kembali. Dia mengalahkan LeBron James di final NBA 2017 dan 2018. Durant bersama tim bertabur bintang, Warriors, dan James kembali bermain bersama tim lamanya, Cleveland Cavaliers.

Mengingat masa-masa indah persaingan mereka, Durant justru berharap bahwa James bisa bertahan lebih lama di liga. Meski James saat ini sudah berusia 35 tahun. 

"James adalah seseorang yang saya lihat, ketika saya menganggap bola basket itu serius. Saya berharap James dan saya diberi umur panjang, sehingga kami bisa lebih lama lagi bermain. Itu sangat spesial bagi saya," kata Durant.

"Orang-orang menyebut ini persaingan atau apa pun, itu boleh saja. Tetapi bagi saya, memiliki lawan di posisi yang sama, menjaga satu sama lain, dan saling mengalahkan itu nikmat sekali. James adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada di NBA."

Kevin Durant dan LeBron James kini bertukar konferensi. James bergabung dengan Lakers sebagai penguasa Wilayah Barat. Sedangkan Durant membela Brooklyn Nets yang diharapkan bisa menampilkan permainan terbaik di Wilayah Timur. Musim depan, 2020-2021, pertemuan James dan Durant akan jadi sajian menarik bagi penggemar NBA. (tor)

Foto: NBA

Komentar