IBL

Dewan Gubernur dan para manajer tim NBA membahas rencana mengenai NBA Draft 2020. Akhirnya acara tersebut mundur lagi, dan rencananya digelar pada 18 November mendatang. NBA Draft 2020 sudah dua kali mengalami penundaan.

Seperti dilansir The Associated Press, liga memilih tanggal 18 November setelah mengadakan pembicaraan dengan Asosiasi Pemain (NBPA). Mereka menyarankan untuk tidak mepet dengan jadwal final NBA. Dewan gubernur dan para manajer akan mengadakan rapat dua hari ke depan untuk membahas usulan tanggal tersebut.

Bila memang ditunda lagi, maka ini menjadi penundaan kedua NBA Draft 2020. Awalnya, Draft NBA tahun ini direncanakan pada 25 Juni. Kemudian karena pandemi virus korona, maka liga memundurkan jadwalnya ke 16 Oktober 2020. Penundaan ketiga ini bisa memberi liga lebih banyak waktu untuk mematangkan proses Draft itu sendiri.

Menunda Draft NBA bisa memberi efek domino pada agenda yang lain, seperti pembukaan pasar bursa pemain bebas agen, penentuan batas gaji untuk musim 2020-2021, hingga tanggal dimulainya musim berikutnya. Rencana terbaru adalah untuk pasar bursa pemain bebas agen akan dimulai pada 18 Oktober.

NBA tetap berharap awal musim 2020-2021 bisa dimulai pada 1 Desember mendatang. Meski begitu, Komisaris NBA Adam Silver menyatakan bahwa tanggal tersebut terlalu cepat. Liga juga belum mengumumkan rencana musim depan. Apakah tetap dengan satu "gelembung" atau dibuat beberapa "gelembung" untuk menjalankan kompetisi.

"Tujuan pertama kami adalah untuk mengembalikan penonton ke arena pertandingan," kata Silver. "Menurut saya, bila mundur lagi, kami punya waktu untuk membuat skenario penonton kembali ke arena pertandingan." (tor)

Foto: NBA

Komentar