IBL

NBA musim 2019-2020 sudah berlangsung hampir 10 bulan, itu sudah termasuk penundaan karena pandemi virus korona. Sedangkan untuk musim reguler NBA akan ditutup akhir pekan ini, setelah "seeding game" selesai. Setelah itu, NBA berencana menggelar Undian Draft (Draft Lottery) 2020 pada 20 Agustus mendatang, secara virtual.

Persaingan musim reguler NBA 2019-2020 akan segera berakhir. Tepat setelah semua "seeding game" di Orlando selesai. Artinya, posisi 14 tim yang akan melakukan undian draft juga sudah pasti.

Liga tidak akan membuang waktu untuk segera bergerak menyiapkan musim depan. Menurut Shams Charania dari The Athletic, semua acara liga digelar secara virtual. Sama halnya dengan Draft Lottery 2020 yang berlangsung pada 20 Agustus nanti.

Pihak NBA masih berharap liga musim depan bisa dimulai pada 1 Desember 2020. Meski belum jelas, bagaimana kompetisi bakal berlangsung nantinya. Apakah tetap dengan format "gelembung" atau sudah diperbolehkan memakai sistem home-and-away normal. Namun liga tidak mau pusing dengan hal ini. Liga ingin segera menyelesaikan proses Draft 2020 agar tim-tim segera melakukan persiapan. Jadwal Draft NBA 2020 direncanakan pada 16 Oktober mendatang, hanya beberapa hari setelah kemungkinan tanggal terakhir gim 7 Final NBA.

Sejauh ini, ada 11 tim yang sudah siap mengikuti Undian Draft. Tentu daftar teratas adalah delapan tim yang tidak ikut ke Orlando, seperti Golden State Warriors, Cleveland Cavaliers, New York Knicks, Minnesota Timberwolves, Atlanta Hawks, Detroit Pistons, New York Knicks, Chicago Bulls, dan Charlotte Hornet. Kemudian tiga tim lainnya adalah tim yang sudah pasti tersingkir dari persaingan playoff, yaitu Washington Wizards, Sacramento Kings, dan New Orleans Pelicans. Setelahnya, minggu ini akan segera menyusul tiga tim berikutnya.

Sampai saat ini tidak ada desas-desus yang kuat mengenai calon pemain urutan pertama dalam Draft NBA. Apalagi dengan dilakukan secara virtual, mungkin tidak akan menarik seperti malam-malam Draft sebelumnya. Tetapi ada satu pemain yang potensial menjadi pilihan pertama, yaitu adik Lonzo Ball, LaMelo Ball. (tor)

Foto: NBA

Komentar