IBL

Markieff Morris memberi kontribusi maksimal dari bangku cadangan Los Angeles Lakers saat mereka menang 117-109 atas Houston Rockets di Gim 2 Semifinal Wilayah Barat, Minggu, 6 September waktu Amerika Serikat. Bagi yang belum tahu, Markieff adalah saudara kembar dari Marcus Morris Sr., yang kini membela LA Clippers. Markieff menjadi salah satu faktor kemenangan Lakers di gim kedua ini.

Setelah kekalahan di gim pertama, Markieff mengatakan kalau Lakers membutuhkan suntikan energi lebih banyak. Lalu dirinya membuktikan perkataan tersebut di gim kedua. 

Pelatih Frank Vogel menurunkan Markieff selama 22 menit 44 detik. Dia memanfaatkan menit bermain tersebut dengan mencetak 16 poin dan 5 rebound. Pemain bernomor punggung 88 tersebut mencetak akurasi tripoin 4 dari 5 percobaan tembakan. Di pertandingan ini, Markieff mencetak tripoin paling banyak dari pemain lainnya.

Peran Markieff sangat besar, terutama untuk memecah kebuntuan Lakers. Terutama saat LeBron James diistirahatkan. Menariknya, justru Markieff yang berusia 31 tahun lebih mudah berkomunikasi dengan Rajon Rondo. Padahal Markieff baru bergabung dengan Lakers pada 23 Februari 2020 lalu. 

"Di pertandingan pertama, saya merasa tidak memberikan pengaruh apa-apa di tim saya. Saya bahkan tidak membuat tembakan. Saya merasa tidak berguna," kata Markieff setelah gim kedua usai.

Hebatnya, Markieff Morris mencetak empat tripoin beruntun selama kurang dari tiga menit di kuarter pertama. Semua tembakan tersebut memanfaatkan asis dari Rajon Rondo.

Rondo bermain selama 29 menit dengan kontribusi 10 poin, 9 asis, 3 rebound, dan 5 steal. Rondo membuat Markieff menjadi penembak jitu terbaik malam ini. Selain itu, Rondo kini menempati peringkan 12 untuk total asis dalam sejarah playoff NBA dengan 988 asis.

Bagi Rondo, ini merupakan kali pertama bertanding menggunakan 'Black Mamba Jersey'. Sebagai penghormatan untuk mendiang Kobe Bryant, Rondo juga memakai sneaker Kobe 1 di gim tersebut.

Kontribusi bangku cadangan menjadi pembeda di pertandingan kedua Lakers dan Rockets di semifinal ini. Pemain cadangan Lakers membukukan 41 poin. Itu dihasilkan oleh Markieff, Rondo, Kyle Kuzma (13 poin), dan Alex Caruso (2 poin). Sebaliknya, dari empat pemain cadangan Rockets, hanya Danuel House Jr. yang menyumbang 13 poin.

Gim ketiga antara Lakers melawan Rockets akan berlangsung Selasa, 8 September mendatang. (tor)

Foto: NBA

Komentar