IBL

Rajon Rondo sudah kembali tampial bersama Los Angeles Lakers. Turun di Gim 1 Semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets, Rondo tampil semalam 24 menit dengan mencetak 8 poin, 3 rebound, 4 asis, 2 steal, dan 1 blok. Rondo menjadi harapan baru Lakers di semifinal.

Ini menjadi gim pertama Rajon Rondo sejak bulan Maret 2020 lalu. Sebenarnya, Rondo sudah siap diturunkan di putaran pertama, tetapi ada masalah dengan punggungnya.

"Jadi setelah cedera ibu jarinya sembuh. Rondo berlatih kembali. Memang ada sedikit masalah, tetapi sekarang sudah terlihat sehat," kata pelatih Frank Vogel, sebelum pertandingan semifinal gim pertama.

Frank Vogel memang kurang setuju bila memainkan Rondo dengan menit bermain sebanyak itu. Tetapi dia tidak punya pilihan lain. Khususnya ketika LeBron James mengalami kebuntuan di kuarter keempat.

Baca Juga: Penampilan Buruk LeBron James di Kuarter Keempat Jadi Penyebab Kekalahan Lakers

"Kami tidak bisa mendapatkan ritme ofensif di kuarter keempat. Saya pikir, Rondo sudah melakukan hal yang hebat dalam bertahan di babak kedua," kata Vogel. "Ini adalah tantangan bagi saya karena ada pemain baru dalam rotasi. Apalagi sudah memasuki babak playoff. Tetapi Rondo adalah salah satu pemain terpintar di liga. Dia pasti akan membantu kami di seri ini."

Sudah satu setengah minggu sejak Rondo tidak bisa tampil melawan Blazers karena kram punggung. Totalnya mungkin hampir delapan minggu, sejak dirinya mengalami patah jempol kanan pada latihan kedua begitu Lakers tiba di Orlando.

Pemain berusia 34 tahun itu sudah tidak tampil dalam pertandingan untuk Lakers sejak sebelum hiatus NBA karena pandemi virus korona. Rondo mencetak rata-rata 7,1 poin, 5,0 asis, dan 3,0 rebound per gim di musim reguler. Ia tampil dalam 48 pertandingan Lakers dan menjadi starter sebanyak tiga pertandingan. Pemain veteran 14 tahun di NBA itu mencatat rata-rata 20,5 menit per pertandingan selama musim reguler.

"Kami tidak memiliki batasan menit padanya, tapi kami akan mengatur rotasi dengan baik," kata Vogel. "Jelas, dia sudah lama tidak bermain. Kami ingin berhati-hati."

Pada saat mereka kalah dari Rockets, Lakers juga tidak didampingi asisten pelatih Jason Kidd di bangku cadangan. Kidd mengalami kram punggung parah yang membuatnya harus istirahat. (tor)

Foto: NBA

Komentar