IBL

Lebih dari 100 karyawan NBA mengikuti aksi solidaritas mendukung para pemain yang menuntuk keadilan sosial pada hari Jumat, 28 Agustus waktu setempat. Protes itu terjadi dua hari, setelah Milwaukee Bucks memutuskan untuk tidak tampil pada Gim 5 melawan Orlando Magic. Bila termasuk hari ini, maka liga sudah mengalami penundaan selama tiga hari.

Anggota staf NBA yang melakukan aksi mogok adalah yang berbasis di New York dan New Jersey. Mereka yang bekerja di 10 departemen liga termasuk operasi bola basket, keamanan siber, keuangan dan pemasaran. Mereka berencana menghabiskan hari ini dengan melakukan aksi menuntut keadilan bagi Jacob Blake dan petugas polisi untuk dimintai pertanggungjawaban.

"Kami percaya NBA, para petinggi, dan Dewan Gubernur secara tegas memiliki pengaruh untuk berbuat lebih banyak untuk menangani dan memerangi kebrutalan polisi dan rasisme sistemik di negara ini," tulis salah satu staf NBA dalam sebuah surat kepada komisaris Adam Silver dan wakil komisaris Mark Tatum.

"Kami mengakui dan menghargai semua pekerjaan yang telah dilakukan NBA," lanjut surat itu. "Tapi kami memiliki kekuatan untuk memberikan dampak yang lebih besar. NBA tidak melakukan cukup proaktif, dan lebih mengandalkan pemain kami.

"Kami memahami bahwa kami adalah bisnis, tetapi ketakutan kehilangan pendapatan dan pengiklan tidak boleh membuat kami mati rasa dengan teriakan pria, wanita, dan anak-anak kulit hitam yang terus tertindas di komunitas yang sama tempat kami bermain."

Karyawan akan bertemu untuk sesi jajak pendapat virtual pada Jumat sore, seperti dikabarkan ESPN. Dalam surat kepada Silver dan Tatum, staf menulis bahwa mereka berharap untuk bisa menyampaikan ide-ide itu minggu depan.

Silver kabarnya juga mengirim email ke karyawan pada Jumat pagi, sebelum staf memberi tahu pejabat tinggi NBA tentang keputusan mereka untuk melakukan protes.

Karena protes karyawan ini, maka pertandingan untuk hari Jumat belum bisa digelar. NBA dikabarkan akan kembali bergulir pada Sabtu, 29 Agustus 2020 waktu Amerika Serikat. (tor)

Baca Juga: NBA Kembali Dilanjutkan Sabtu, 29 Agustus 2020

Foto: wikipedia

Komentar