IBL

Tidak ada kursi panjang untuk bangku cadangan pemain. Penyiar tidak ada di tepi lapangan. Petugas pertandingan dan pencatat statistik bekerja di dalam kotak kaca. Seperti itulah tampilan baru meja pertandingan dan bangku cadangan dalam lanjutan NBA. Liga akan kembali hari Rabu, waktu Amerika Serikat, yang dimulai dengan uji coba 22 tim peserta.

Moto pemasaran untuk lanjutan NBA di Walt Disney World adalah "Whole New Game". Rasanya memang terdengar seperti kalimat familiar dari film Aladin. Tapi memang dalam beberapa hal, tampilan NBA benar-benar baru. Terutama dari sisi tampilan arena pertandingan.

Tampilan baru ini diterapkan pada arena untuk uji coba, pertandingan resmi yang dimulai 30 Juli, hingga playoff yang berlangsung di pertengahan Agustus hingga Oktober. Termasuk meja pertandingan yang menyesuaikan dengan protokol kesehatan saat pandemi virus korona.

Kepala pelatih Los Angeles Clippers, Doc Rivers mengatakan bahwa liga benar-benar hebat. Mereka melakukan semua hal untuk memenuhi standar keamanan dan keselamatan semua orang.

"Ini benar-benar terjadi. Mereka (liga) melakukan segalanya dengan benar, sejauh yang saya ketahui," katanya.

Tempat duduk pemain cadangan dibuat tiga baris, bukan dua baris seperti biasanya. Untuk kursinya memakai kursi lipat, sehingga bisa diberi jarak satu sama lain. Bukan saling berdampingan, seperti pertandingan normal. Dimensi lapangan memang tidak berubah. Tapi di garis tengah diberi tulisan "Black Lives Matter". Seperti yang sudah dijanjikan NBA beberapa waktu lalu.

Area meja pertandingan tampil beda. Ini merupakan meja yang biasanya berisi pencatat skor, pencatat waktu, dan petugas statistik. Meja tersebut kini ditutup dengan kaca. Kemudian penyiar yang biasanya ada di pinggir lapangan, sekarang mundur lebih jauh lagi hingga ke bangku penonton. Sementara monitor untuk instant-replay, yang biasanya ada di meja pertandingan, kini ada di sudut arena. NBA benar-benar memikirkan segala cara agar semua petugas tetap bisa menjaga jarak sosial.

Uji coba NBA akan berlangsung 22-28 Juli waktu Amerika Serikat. Pada kesempatan tersebut, semuanya akan merasakan hal baru di liga ini. Bahkan wasit dan petugas pertandingan mungkin juga beradaptasi dengan suasana baru. Untuk tim, mereka akan menerapkan aturan baru. Seperti pemanasan hanya diberi waktu 10 menit, bukan 12 menit seperti biasanya. Tidak ada pemutaran lagu kebangsaan, dan tidak ada perkenalanan pemain. (tor)

Foto: NBA

Komentar