IBL

Usai rangkaian panjang aksi boikot para pemain dan tim NBA, Rabu, 26 Agustus 2020, waktu setempat, para pemain kembali melakukan rapat selang sehari kemudian. Berdasarkan laporan kontributor ESPN, Adrian Wojnarowski, para pemain melakukan rapat pada Kamis, 27 Agustus 2020, pukul 11.00 waktu setempat.

Rapat ini merupakan rapat finalisasi setelah rapat semalam sebelumnya mengenai apakah musim ini dilanjutkan atau diakhiri. Tak berselang lama setelah pukul 11.00 waktu setempat, Wojnarowski keluar dengan cuitannya yang mengabarkan bahwa para pemain siap melanjutkan musim. Akan tetapi, seluruh gim playoff untuk hari ini, kembali ditunda seperti hari sebelumnya.

Tak sampai di situ, meski sepakat melanjutkan musim, para pemain juga masih berupaya mencari cara untuk memberikan dampak lebih terhadap masalah sosial yang terjadi di Amerika Serikat. Oleh karena itu, NBA akan kembali menggelar rapat yang akan melibatkan pemilik tim, perwakilan pemain (maksimal tiga pemain per tim), perwakilan NBPA, dan petinggi liga untuk mencari jalan terbaik memberi dampak kepada kejadian di luar sana.

Adapun harapan mengenai kelanjutan musim, rilis resmi NBA menyebutkan bahwa rencananya gim akan kembali digelar di akhir pekan. Hasil rapat hari ini akan menentukan apakah gim akan digelar hari Jumat atau Sabtu, waktu setempat. Namun yang jelas, ini bisa mengubah dang menggeser banyak kalender NBA ke depannya.

Dikabarkan, rapat antarpemain juga berlangsung sangat alot. Pemain Boston Celtics yang juga wakil presiden NBPA, Jaylen Brown, disebut sebagai salah satu pemain yang paling vokal dalam rapat tersebut. Brown menegaskan bahwa para pemain sebaiknya melanjutkan musim, karena NBA bisa menjadi wadah yang tepat untuk mereka menyuarakan atau menampilkan aksi protes mereka. Sebaliknya, jika pemain memutuskan mengakhiri musim, Brown menantang mereka untuk berdiri di garis depan di Wisconsin, ketimbang pulang ke rumah masing-masing. Hal ini sendiri didukung oleh wakil presiden NBPA lainnya, C.J. McCollum.

Meski akan menggelar rapat-rapat susulan, tidak banyak pihak yang yakin bahwa keputusan final akan terjadi di hari ini. NBA, para pemilik tim, dan para pemain, tampaknya masih butuh waktu lebih lama lagi untuk merancang strategi terbaik bagi mereka untuk memberi dampak lebih nyata bagi masyarakat di Amerika Serikat. (DRMK)

Baca rangkaian berita boikot yang dilakukan pemain NBA di mainbasket.com

Foto: NBA

 

Komentar