IBL

Manajer Brooklyn Nets Sean Marks menempatkan Gregg Popovich di daftar teratas pelatih incarannya untuk musim depan. Ini karena staf kepelatihan Nets saat ini juga hasil didikan Popovich. Sementara itu, beberapa nama yang jadi incaran Marks antara lain Jason Kidd, Tyronn Lue, Ime Udoka, dan Jeff Van Gundy.

Seperti diberitakan The Athletic, Sean Marks sangat berharap Gregg Popovich mau pindah dari San Antonio Spurs ke Brooklyn Nets. Pelatih yang sudah lima kali juara NBA bersama Spurs itu ternyata punya hubungan dekat dengan Marks. Sebab, manajer Nets ini pernah bermain di Spurs pada tahun 2003 hingga 2006. Lalu setelah pensiun, Marks menjadi asisten Popovich di tahun 2013 hingga 2016.

Selain itu, ada alasan kuat kenapa Marks begitu menginginkan kehadiran Popovich. Kepala pelatih sementara Nets, Jacque Vaughn dan asisten manajer Andy Birdson ternyata juga didikan Popovich di Spurs. Vaughn menggantikan peran Kenny Atkinson sebagai kepala pelatih Nets sejak bulan Maret lalu. Atkinson dipecat karena ada indikasi beberapa pemain menginginkannya pergi.

Gregg Popovich sudah menjadi pelatih Spurs sejak 1996. Pelatih 71 tahun tersebut saat ini masih berstatus sebagai kepala pelatih tim nasional Amerika Serikat. Popovich juga masih punya kontrak dengan Spurs, dan ada klausul kontrak yang mengikutinya. Bunyinya yaitu kalau Popovich pindah dari Spurs, tim yang menginginkan harus menyertakan pemain draft NBA sebagai kompensasinya.

Sementara itu, Brooklyn Nets tersingkir dari playoff NBA 2020 putaran pertama dari Toronto Raptors. Mereka kalah empat gim beruntun. Menurut Marks, Nets harus segera mencari kepala pelatih yang tepat untuk musim depan. Beberapa nama pelatih dalam daftar incaran Nets yaitu Tyronn Lue yang sekarang jadi asisten Doc Rivers di LA Clippers, dan Jeff Van Gundy yang membantu Popovich di timnas Amerika Serikat. (tor)

Foto: usatoday

Komentar