IBL

LA Clippers meraih kemenangan kedua di seri playoff putaran pertama melawan Dallas Mavericks. Di gim ketiga, Clippers menang 130-122 atas Mavericks, pada Jumat, 21 Agustus waktu setempat. Mavericks terancam kehilangan Luka Doncic karena cedera pergelangan kakinya semakin parah.

Kemenangan Clippers dipengaruhi oleh faktor penampilan luar biasa dari Kawhi Leonard. MVP Final NBA 2019 itu mencetak 36 poin, 9 rebound, 8 asiss, 2 steal, dan 1 blok, serta mencetak akurasi total 54,2 persen. Di belakang Leonard menyusul Landry Shamet (18 poin), Ivica Zubac (15 poin), Marcus Morris Sr. (14 poin), Montrezl Harrell (13 poin), Paul George (11 poin), dan Lou Williams (10 poin).

Clippers mulai meninggalkan Mavericks di kuarter kedua. Tepatnya setelah mereka unggul 45-31 sebelum turun minum. Penampilan menawan selama kuarter kedua membawa Clippers memimpin 68-54. Kemudian di kuarter ketiga, mereka sempat mencetak keunggulan 18 poin dari lawannya.

Mavericks memberikan perlawanan keras di gim tersebut. Kristaps Porzingis mencetak 34 poin dan 13 rebound. Seth Curry dan Tim Hardaway Jr. masing-masing menyumbang 22 poin. Kemudian Dorian Finney-Smith mencetak 11 poin. Bintang muda Mavericks, Luka Doncic mencetak tripel dobel dengan torehan 13 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Sayangnya cederanya makin parah.

Doncic di awal musim reguler sudah absen beberapa gim karena cedera pergelangan kaki kanan. Tercatat dirinya sudah melewatkan 13 gim karena beberapa riwayat cedera. Tetapi selama di "gelembung" NBA, Doncic dihantui cedera kaki kiri.

Di gim kedua lalu, Doncic juga sempat mendapatkan perawatan di ruang ganti. Tetapi dirinya bisa kembali ke lapangan dan bermain lagi. Kali ini, peristiwa yang sama terulang. Di awal kuarter keempat gim 3, Doncic jatuh ke lantai. Begitu dia bangun, Doncic berjalan sendiri dengan tetatih-tatih ke ruang ganti. Doncic bisa kembali ke permainan namun kurang maksimal.

Mavericks memang punya rekor yang baik tanpa Luka Doncic. Mereka pernah mencetak kemenangan 7-6 tanpa Doncic di musim reguler. Tetapi ini berbeda, karena lawannya LA Clippers dan ada di babak playoff. Kesalahan sedikit saja, maka Kawhi Leonard dan Paul George siap menerkam mereka. Sangat sulit mengalahkan salah satu tim terbaik di NBA, tanpa Luka Doncic. (tor)

Foto: NBA

Komentar