IBL

Banyak yang mengira bahwa Luka Doncic belum siap untuk playoff NBA musim ini. Tetapi pemain Slovenia itu membantah tuduhan tersebut. Doncic berpengalaman di playoff, tapi bukan NBA, melainkan di liga Eropa.

Untuk pertama kalinya sejak 1990, Dallas Mavericks melaju ke babak playoff tanpa Dirk Nowitski dalam roster tim. Pemain hebat asal Jerman itu pensiun musim lalu. Secara resmi, ia sudah menyerahkan tanggung jawab terhadap tim Mavericks kepada Luka Doncic.

Doncic sudah masuk tahun kedua di NBA. Di musim ini, ia rata-rata mencetak tripel dobel dengan catatan poin lebih dari 30 poin per gim. Doncic juga sudah siap menghadapi playoff. Bahkan berpengalaman, tapi bukan di NBA.

"Ya ini adalah babak playoff pertama saya. Tetapi saya sudah pernah berada di fase ini sebelumnya, tapi itu di Eropa," kata Doncic. "Ini memang bukan level yang sama, tapi secara emosi sama. Saya sangat bersemangat."

Doncic masih berusia di bawah 20 tahun ketika menjadi bagian dari tim bola basket Real Madrid saat menjadi juara EuroLeague.

Doncic musim ini menyelesaikan musim reguler dengan rata-rata mencetak 28,8 poin, 9,4 rebound, dan 8,8 asis per gim. Satu-satunya pemain yang membukukan catatan statistik tersebut selama satu musim penuh adalah Oscar Robertson, dan yang melakukan selama empat kali adalah Russell Westbrook.

Doncic sudah mencetak 17 tripel dobel. Doncic langsung terpilih sebagai pemain All-Star di musim perdana, dan berpeluang terpilih lagi di periode berikutnya. Doncic berada di belakang Giannis Antetokounmpo untuk catatan rebound dan asis. Pemain Milwaukee Bucks itu mencetak setidaknya 30 poin dan 15 asis per gim.

"Dia pemain fenomenal dan makin berkembang," kata pelatih Dallas Mavericks Rick Carlisle.

Seri playoff pertama Doncic tidak akan mudah. Sebagai unggulan ketujuh, Mavericks akan berhadapan dengan unggulan kedua Wilayah Barat, yaitu Los Angeles Clippers. Tim yang diperkuat Kawhi Leonard, Paul George, dan Patrick Beverly.

Clippers dianggap sebagai salah satu calon juara musim ini. Tetapi mereka juga berkata bahwa Doncic berbahaya.

"Luka akan menjadi penghalang," kata garda Clippers Lou Williams. "Dallas musim ini bermain sangat bagus. Tim ini dilatih dengan baik. Ini akan jadi gim yang menghibur."

Sebaliknya, Mavericks dengan hadirnya Doncic, membuat perbedaan dari sisi serangan. Di musim reguler, Mavericks mengumpulkan rata-rata 116,7 poin per 100 possession. Pencapaian yang hampir mendekati Golden State Warriors.

Alur serangan Mavericks yang bagus juga karena adanya Rick Carlisle. Dia pernah bermain dengan Larry Bird, serta melatih Jason Kidd. Jadi dia memberikan beberapa ilmu yang berharga pada Doncic khususnya dalam hal penempatan posisi dan melakukan umpan yang baik. Jadi tidak perlu diragukan lagi.

Luka Doncic sudah siap menghadapi playoff pertamanya di NBA. (tor)

Foto: NBA

Komentar