IBL

Philadelphia 76ers adalah salah satu tim yang digadang-gadang akan mendominasi NBA. Setidaknya, bicara tentang betapa hebatnya talenta-talenta muda yang mereka miliki sekitar tiga musim lalu, Sixers seolah akan memiliki masa depan cerah. Namun, sayangnya semua berubah dalam waktu singkat. Menumpuknya pemain-pemain berkualitas tampaknya justru membuat manajemen Sixers kebingungan. Pemain-pemain seperti Robert Covington, Dario Saric, hingga Markelle Fultz akhirnya mereka lepas.

Musim ini, Sixers agresif di pasar pemain bebas dengan mendatangkan dan mempertahankan pemain veteran seperti Josh Richardson, Al Horford dan Tobias Harris. Akan tetapi, ekspektasi tinggi di awal musim tak kunjung menemui hasil nyata. Sixers terdampar di peringkat enam klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor menang-kalah (39-26).

Harris sendiri mengakui bahwa timnya belum menemukan koneksi antarpemain yang bagus sepanjang musim ini. Hal tersebut melandasi tidak cukup banyaknya pihak yang mengunggulkan Sixers di kelanjutan musim, akhir bulan nanti, di Orlando, Florida, Amerika Serikat. Namun, hal tersebut tampaknya justru memancing semangat bintang Sixers lainnya, Joel Embiid.

Menyadari posisinya sebagai tumpuan utama Sixers dalam mencetak poin, Embiid mendaku kepadaThe Philadelphia Inquirer siap membawa Sixers untuk berbicara lebih banyak musim ini, utamanya di babak playoff. “Saya tahu apa yang saya mampu perbuat di tim ini dan saya tahu bagaimana rekan-rekan setim saya pikirkan tentang saya,” buka Embiid.

“Saya tahu bahawa saya bisa memimpin tim ini, saya bisa memanggul beban untuk tim ini. Ini semua tentang kepercayaan diri dan fokus saya. Jika saya merasa saya tidak mendapatkan banyak kesempatan menyerang, maka saya akan bicara ke rekan satu tim saya dan melakukan apa yang seharusnya saya lakukan (meminta bola),” lanjutnya.

“Namun, di akhir dari semua ini, saya tak seharusnya berada di posisi yang protes mengenai minta bola hanya karena siapa saya. Saya percaya bahwa saya bisa memimpin tim ini, saya percaya saya bisa melakukannya, dan saya akan melakukan semua yang saya mampu untuk menunjukkan hal itu,” pungkasnya.

Ucapan Embiid ini bisa jadi ia lontarkan untuk membakar semangat rekan-rekannya jelang melanjutkan musim kembali. Namun, Embiid butuh lebih dari sekadar ucapan motivasi seperti ini untuk membuat publik Sixers bahagia. Musim lalu, mereka berjarak tiga pantulan bola dari final Wilayah Timur. Kini, rasanya adalah saat yang tepat untuk Embiid dan Sixers menebus kejadian tersebut. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar