IBL

NBA telah menetapkan 18 Oktober 2020 sebagai waktu pembukaan pasar pemain bebas (free agency). Meski masih jauh dari waktu pembukaan free agency, senter Cleveland Cavaliers, Andre Drummond, sudah mengambil keputusan. Kepada ESPN, Andre mendaku akan mengambil opsi pemainnya dan bertahan di Cavaliers untuk musim 2020-2021.

 Andre yang pindah ke Cavaliers di jeda pertukaran pemain Februari lalu melalui proses tukar dengan Detroit Pistons akan mendapatkan bayaran AS$28,7 juta. Bayaran sebesar itu menempatkannya jadi pemain dengan bayaran termahal ke-32 di NBA 2020-2021. “Ya saya akan bertahan dengan Cavaliers. Uang sebesar itu akan sangat sulit untuk saya lewatkan begitu saja. Saya sepenuhnya akan berada di Cleveland musim depan,” ujar Andre.

Hal ini bertentangan jauh dari ucapan Andre di Agustus 2019 lalu. Kala itu, ia mengutarakan niatnya untuk menolak opsi pemain dan akan menjadi pemain bebas di musim panas 2020. Namun, tampaknya Andre menyadari situasi dan kondisi dirinya pun juga NBA di tengah pandemi ini. Ia sadar, uang sebesar itu mungkin saja tak mendatanginya lagi. Di perbincangan Agustus 2019 itu juga, Andre berkata bahwa ia mengincar bayaran setidaknya AS$30 juta selepas musim ini.

Sebelum NBA mengalami hiatus karena pandemi virus korona, Andre sudah tercatat bermain delapan kali untuk Cavaliers. Dengan rataan 28,1 menit per gim, Andre masih setia membukukan catatan monsternya dengan rataan 17,5 poin dan 11,1 rebound per gim. Catatan rebound ini memang yang terkecil selepas musim pertamanya di NBA. Akan tetapi, rataan menit bermain Andre di Cavaliers juga merupakan yang paling sedikit sejak ia menyelesaikan musim pertamanya.

Dengan keputusan ini, maka bisa dipastikan Cavaliers tak akan banyak bergerak di pasar pemain bebas nanti. Jika saja Andre tak mengambil opsi pemainnya, Cavaliers akan memiliki ruang gaji sebesar AS$23 juta. Jumlah sebesar itu, bisa membuat mereka mendatangkan pemain berkaliber starter yang cukup solid. Namun, dengan keputusan ini, maka Cavaliers harus lebih membiasakan diri mereka bermain dengan dua senter, Kevin Love dan Andre. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar