IBL

Keputusan Davis Bertans untuk absen di Orlando ditanggapi beragam. Washington Wizards dan rekan satu tim Bertans diyakini cukup mendukung keputusan pemain asal Latvia tersebut. Namun, ada juga pihak seperti pemain Orlando Magic, Evan Fournier, yang mengecam keputusan ini. Fournier cukup kebingungan mengapa seorang pemain yang tak terkena cedera dan tidak ada urusan mendesak lainnya tak mau bermain melanjutkan musim.

Di sisi lain, tampaknya keputusan Bertans cukup membuat pemain lain berani mengambil keputusan serupa. Tak lama berselang dari pengunguman Bertans, forwarda Portland Trail Blazers, Trevor Ariza, juga dilaporkan tak akan melanjutkan musim. Serupa dengan Bertans, Ariza tak terkendala dengan cedera. Menurut ESPN, Ariza absen karena alasan keluarga.

Ariza sedang menjalani persidangan terkait hak asuh anak laki-lakinya yang berusia 12 tahun. Diketahui, pengadilan mewajibkan Ibu dari anak Ariza untuk memberikan waktu kunjungan selama satu bulan untuk Ariza. Sang Ibu menentukan bahwa waktu satu bulan yang ia berikan jatuh bertepatan dengan dimulainya kembali NBA 2019-2020. Dihadapkan pilihan melanjutkan musim atau menghabiskan waktu dengan anaknya, Ariza memilih anaknya.

Ariza bergabung dengan Blazers di tengah musim lalu usai ditukar oleh Sacramento Kings. Dalam 21 gim yang sudah ia mainkan bersama Blazers, pemain berusia 34 tahun ini selalu menjadi pemain utama. Ia memberi sumbangsih 11 poin, 4,8 rebound, dan 2,0 asis per gim dengan akurasi tripoint mencapai 40 persen. Ariza adalah salah satu kunci Blazers dalam meningkatkan performa mereka selepas laga All Star.

Pemain yang pernah berkunjung ke Surabaya ini berpotensi kehilangan AS$1 – 1,8 juta gajinya, tergantung seberapa jauh langkah Blazers. Pun demikian, Ariza tampaknya tidak terlalu ambil pusing karena ia sudah mendapatkan garansi gaji AS$12,8 juta musim ini. Jumlah tersebut merupakan hasil dari kontrak dua musim AS$25 juta yang ia sepakati dengan Kings di awal musim lalu.

Tanpa Ariza, kekuatan Blazers memang cukup akan menurun, utamanya di sektor forwarda. Pasalnya, dua pemain yang pulih dari cedera adalah pemain dengan tipikal bigman, Zach Collins dan Jusuf Nurkic. Sementara salah satu forwarda Blazers lainnya yang cedera, Rodney Hood, dikabarkan belum akan kembali. Oleh karena itu, besar kemungkinan Blazers akan mencari pengganti Ariza di deretan pemain bebas. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar