IBL

Houston Rockets bisa disebut sebagai tim paling eksperimental dalam lima tahun terakhir. Dimulai dengan kedatangan James Harden yang dibantu Jeremy Lin dan Dwight Howard, bergeser ke Chris Paul, Carmelo Anthony, hingga Russell Westbrook, Rockets tak pernah tanggung-tanggung. Terakhir, eksperimen besar mereka dalah mengubah strategi permainan menjadi super small ball.

Strategi ini membuat mereka turun tanpa satu pemain dengan predikat senter dan tak juga menempatkan pemain yang berpostur lebih dari 6’7” atau 201 sentimeter di skuad utama mereka. Rockets memang memiliki dua pemain dengan tinggi tujuh kaki dalam diri Isaiah Hartenstein dan Tyson Chandler. Namun, keduanya lebih banyak duduk di bangku cadangan. Setelah keduanya, pemain tertinggi Rockets adalah Bruno Caboclo (6’9”) dan Jeff Green (6’8”).

Jelang melanjutkan musim di Orlando nanti, Rockets dikabarkan sedang memperdalam skuad kecil mereka. Dilansir oleh Houston Chronicle, Rockets mengincar tambahan di posisi garda. Incaran terbaru mereka adalah mantan garda Phoenix Suns dan Miami Heat, Tyler Johnson. Tyler sendiri sekarang berstatus pemain bebas setelah Suns memecatnya di batas akhir pertukaran pemain, Februari lalu.

Jika menghilangkan catatan statistik dua musim terkahir (termasuk musim ini) dari Tyler, maka ia adalah pemain yang dicari oleh Rockets. Dengan tinggi 190 sentimeter, Tyler sebelum dua musim terakhir adalah garda yang atletis dan akurat. Lima musim di Miami Heat (sebelum Suns) ia habiskan dengan catatan 11,0 poin, 3,3 rebound, dan 2,5 asis per gim. Ia juga memiliki akurasi tripoint di angka 37 persen.

Sayangnya, di dua musim terakhir bersama Suns, ia hanya bisa menorehkan 7,3 poin, 2,4 rebound, dan 2,4 asis per gim dengan akurasi tripoint 30 persen. Hal ini tidak lepas dari masalah cedera yang terus datang berganti. Cedera lutut yang membuatnya naik meja operasi juga memaksanya hanya tampil 44 kali dalam dua musim terakhir.

Meski Tyler yang sehat akan menjadi tambahan yang tepat untuk Rockets, tim dengan dua gelar juara NBA ini harus melakukan penyesuaian lain. Tidak ada ruang kosong di daftar pemain Rockets. Mereka memiliki 17 pemain dengan dua di antaranya berstatus two-way contract. Jika ingin menambah kekuatan, maka Rockets harus melepas pemain lainnya. Hingga kini, dua pemain two-way contract mereka, Michael Frazier dan William Howard, jadi yang paling mungkin didepak. Pun demikian, pemain seperti Tyson Chandler, Isaiah Hartenstein, hingga Bruno Caboclo yang tak banyak terlibat di permaianan juga sangat mungkin didepak demi mendatangkan penembak-penembak jitu lainnya. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

 

Komentar