IBL

James Harden adalah salah satu pemain terbaik di NBA dalam kurun lima tahun terakhir. Gelar MVP dua musim lalu bisa dibilang hanya sebagai pelengkap dominasinya di NBA dalam lima musim terakhir. Kemampuan menyerang Harden bisa dibilang sebagai kekuatan utamanya. Hal ini terbukti dengan selalu munculnya nama Harden sebagai top skor NBA di tiga musim terakhir. Di dua musim sebelumnya pun, ia juga finis di urutan kedua untuk raihan poin per gim.

Kehebatan Harden tersebut ternyata juga sudah diakui oleh legenda Houston Rockets yang juga salah satu pemain terbaik dalam sejarah NBA, Hakeem Olajuwon. Dalam wawancara terbaru dengan SportsTalk 790, Hakeem tanpa sungkan menyanjung pemain yang identik dengan jenggot panjangnya tersebut. Bahkan, Hakeem menyandingkan permainan dan pencapaian Harden dengan dua legenda NBA lainnya, Michael Jordan dan Wilt Chamberlain.

“Tidak ada pertanyaan tentang kehebatan Harden. Apa yang ia lakukan di Rockets, bagaimana ia memanggul tim ini benar-benar sulit dilakukan oleh banyak pihak. Harden benar-benar sudah menunjukkan kehebatannya dan membawa permainan ini ke level yang lebih tinggi,” ujar Hakeem.

“Bicara Harden, dia sudah berada di posisi yang sejajar dengan Michael Jordan dan Wilt Chamberlain. Harden benar-benar sebuah kehebatan di era ini dan tidak perlu diragukan lagi. Menjadi juara hanya perkara waktu untuknya,” lanjutnya.

Tak sampai di situ, Hakeem juga cukup memberi perhatian atas duet Harden dan Russell Westbrook di Rockets musim ini. “Harden adalah seorang pemenang sejati. Saya pikir, dengan bantuan Westbrook, mereka bisa saling membantu untuk laju yang lebih bagus ke playoff. Saat playoff menjadi sulit, Westbrook akan menjadi bantuan yang pas untuknya secara energi. Energi, adalah hal utama yang dibawa Westbrook ke tim ini,” pungkasnya.

Harden memiliki rataan 34,4 poin, 6,4 rebound, dan 7,4 asis per gim. Melihat kemampuannya mencetak poin dan perubahan strategi permainan Rockets di tengah musim ini, Harden kemungkinan besar akan mempertahankan performa poinnya. Jika Harden mampu menutup musim dengan rataan 34,0 poin per gim, ia akan jadi pemain ketiga di sejarah NBA yang mampu menorehkan setidaknya 34,0 poin per gim dalam dua musim yang berbeda. Dua pemain sebelum Harden adalah Jordan dan Chamberlain. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar