IBL

Menjadi legenda di bidang basket terutamanya NBA bukanlah hal mudah. Selain faktor prestasi, banyak hal lain yang juga mempengaruhi seperti dominasi dan gerakan khusus dalam bermain (signature move). Untuk urusan dominasi, nama-nama seperti Tracy McGrady dan Charles Barkley bisa masuk dalam sejarah meski tak memiliki gelar juara. Untuk ciri khas, pemain seperti Kareem Abdul-Jabbar dengan tembakan skyhooknya adalah salah satu yang paling legendaris.

Hal yang kedua ternyata cukup dipikirkan oleh MVP NBA 2018, James Harden. Dalam sebuah wawancara dengan ESPN, James mengungkapkan bahwa ia ingin mengikuti langkah Kareem dan pemain-pemain NBA lain yang memiliki ciri khas. James percaya bahwa tembakan tripoin dengan gerakan step back miliknya layak masuk dalam jajaran itu.

“Anda tahu bahawa Michael Jordan memliki tembakan fadeaway, Dirk Nowtizki punya tembakan satu kakinya, dan Kareem dengan skyhook. Saya juga ingin mengkikuti mereka dengan step back saya dikenang selama-lamanya,” buka James. “Jadi, saat saya berkeliling dunia nanti, syaa harap ada anak kecil yang menyapa saya dan berkata,”Hey James, saya melakukan step back!,” saya akan sangat suka melihat hal itu.”

Impian James tersebut sepertinya juga semakin mendekati kenyataan. Di NBA sendiri, beberapa pemain yang melakukan gerakan step back sering kali dikaitkan dengannya. Apalagi, jika step back yang dilakukan pemain lain dihitung traveling sementara James tidak. Sementara itu, selain James, rasanya step back tripoin hanya memiliki hubungan dekat dengan peraih gelar ruki terbaik musim lalu, Luka Doncic. Di musim pertamanya lalu, Luka sudah pamer kebolehannya melakukan gerakan tersebut.

Pun begitu di video game, gerakan step back James hanya melekat dengan dirinya. NBA 2K tak memberikan gerakan ini kepada pemain lain dan jika pemain buatan Anda ingin memilikinya, maka harus ada beberapa poin yang dibayarkan. Hal ini sudah sangat serupa dengan deretan ciri khas yang disebutkan James di wawancara tadi. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar