IBL

Kevin Durant ingin membeli sedikit saham tim olahraga. Lalu hari ini, mimpi itu terwujud. Pemain yang sudah meraih 10 kali NBA All-Star tersebut mengakuisisi 5 persen saham klub Mayor League Soccer (MLS) Philadelphia Union. Durant melihat klub ini bukan dari prestasi sepak bola saja, melainkan dampak terhadap lingkungan sekitar.

Senin, 15 Juni waktu Amerika Serikat, Durant secara resmi diumumkan sebagai salah satu pemilik saham Philadelphia Union. Jumlahnya saham yang dimiliki hanya 5 persen, tapi Durant berpeluang membeli 5 persen lagi di masa depan. Opsi tersebut memang diambil oleh forwarda Brooklyn Nets itu untuk semakin menguatkan posisinya di klub.

"Saya merasa ini adalah peluang untuk bisa memberi dampat pada lingkungan saya," kata Durant, seperti dilansir The Inquirer. "Saya ingin terlibat dalam perusahaan olahraga yang lebih dari sekadar mengurus tentang olahraga saja."

Philadelphia Union jauh dari kata tenar. Bahkan jarang muncul di pemberitaan sepak bola. Berbeda dengan klub-klub keren MLS lain seperti DC United. Tapi kali ini berbeda. Dunia menyoroti klub ini karena sahamnya dimiliki salah satu tokoh besar olahraga di Amerika Serikat.

Pemilik saham mayoritas klub, Jay Sugarman tak mau mengatakan nilai saham yang dibeli Durant. Ia sengaja merahasiakan dan hanya memberi petunjuk bahwa nilai sahamnya lebih dari yang dibayarkan dulu. Sugarman membayar sekitar AS$ 30 juta pada tahun 2008 silam. Jadi untuk Durant diperkirakan nilainya 10 kali lipatnya.

Proses Durant mengakuisisi saham Union berlangsung sejak tahun 2018. Saat itu Union memberi tawaran ke Durant, setelah dua kali juara NBA tersebut dikabarkan tertarik membeli saham DC United. Pergerakan Durant langsung dibaca oleh Richard Leibovitch, salah satu pemilik saham minoritas di Union. Richard punya koneksi dengan Rich Kleiman, manajer Durant. Ketiganya bertemu dan membicarakan tentang Union. Termasuk salah satu hal yang membuat Durant tertarik adalah dampak klub Philadelphia untuk populasi kulit hitam yang besar di sekitar Philadelphia dan Chester.

"Saya berbicara dengan Jay dan Richard. Kami membicarakan tentang MLS, masa depan klub, olahraga secara keseluruhan, dan kemana arah klub ini akan dibawa," kata Durant. "Klub ini punya pengaruh besar untuk lingkungan di Chester dan Philadelphia. Oleh sebab itu, saya ingin menjadi bagian dari klub ini."

Sugarman mengakui bahwa kunjungan Durant ke markas Union bulan Desember lalu sudah membuat heboh klub ini. Tetapi klub waktu itu bisa merahasiakan pertemuan tersebut. Hanya saja, pada akhirnya foto-foto kebersamaan Durant dengan Sugarman bocor. Tetapi akhirnya menjadi indah, karena Durant benar-benar jadi bagian klub ini.

"Dia (Durant) bersedia bertemu semua orang. Ini memberi kesan pada saya bahwa dia merupakan orang yang baik. Sangat asli dan tidak dibuat-buat," katanya.

Membangun Citra Baru Klub

Philadelphia Union dan penduduk sekitar kota Chester pernah tidak akur. Janji manajemen klub membangun supermarket dan pengembangan komersial di kawasan itu tidak pernah terwujud. Presiden klub Union, Tim McDermott akhirnya membangun kompleks olahraga rekreasi. Tapi tidak jelas apakah itu yang diinginkan warga Chester. Padahal saat itu, ada aliran dana yang besar dari pemerintah untuk membangun Philadelphia Union pada tahun 2010. Jumlahnya diperkirakan mencapai AS$ 85 juta.

Tetapi akhir-akhir ini hubungan klub dan warga mulai membaik. Klub mendanai program sepak bola universitas di Chester High School. Program tersebut membuat Durant tertarik, dan ingin melakukan hal lebih besar lagi.

"Itulah tujuannya. Untuk memberikan kembali ke warga yang sudah memberikan tempat yang baik bagi klub. Saya pikir apa yang kami lakukan saat ini bagus. Saya ingin menjadi bagian dari gerakan tersebut," ungkap Durant.

Durant datang saat komunitas sepak bola Amerika Serikat ikut berpartisipasi dalam isu sosial dan politik yang terjadi sekarang. Union juga termasuk di dalamnya. Manajer tim, Jim Curtin mengkritik Presiden Donald Trump, dan kapten tim Alejandro Bedoya berkomentar soal undang-undang kepemilikan senjata di Amerika Serikat.

Hubungan Sepak bola dan Basket

Durant mendaku bukan penikmat sepak bola. Tetapi sudah mengetahui seluk beluk olahraga ini sejak dulu.

"Saya menonton sepak bola bertahun-tahun. Belajar lebih banyak tentang permainan ini," kata Durant. "Jelas bahwa sepak bola menjadi olahraga terbesar di dunia. Tapi rasanya MLS butuh lebih banyak perubahan agar mereka bisa bersaing dengan liga lain di dunia."

Kemunculan Durant sebagai pemilik saham Philadelphia Union membuat hubungan sepak bola dan basket semakin erat. Beberapa bintang NBA juga punya hubungan dengan sepak bola. Misalnya, bintang Barcelona FC, Antoine Griezmann merupakan sahabat garda Sixers, Josh Richardson. Bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe dan penyerang Bucks, Giannis Antetokounmpo saling mengagumi satu sama lain. Joel Embiid juga dikenal sebagai penggemar berat klub Spanyol, Real Madrid. Dan, yang terakhir tentunya megabintang LeBron James yang punya sedikit saham di klub Inggris, Liverpool FC.

Durant adalah pemain NBA kedua yang menjadi pemilik saham klub MLS. Sebelumnya James Harden, pada bulan Juli lalu, membeli saham perusahaan yang mengelola Houston Dynamo dan Houston Dash (National Women's Soccer League). Untuk saat ini, tidak banyak orang kulit hitam yang punya saham di klub MLS. Jadi Durant dan Harden dinilai jadi orang yang membawa perubahan di liga sepak bola Amerika Serikat.

"Tidak peduli apa warna kulit saya. Tidak peduli bagaimana saya muncul di dunia ini. Tidak ada yang menghentikan kita untuk mencapai impian," ujar Durant.

Durant tentu masih memiliki karier yang bagus di NBA. Hanya saja, musim ini Durant harus mundur dari liga lebih cepat karena cedera sobek tendon Achilles. Tapi Durant memanfaatkan masa penyembuhan untuk membuat hal besar di masa depan. (tor)

Foto: Twitter Philadelphia Union

Komentar