IBL

Miami Heat membuat banyak pihak terkejut musim ini. Dengan skuad yang bisa dibilang seadanya dan tidak banyak diunggulkan, Heat berhasil duduk di peringkat keempat klasemen sementara Wilayah Timur dengan 41 kemenangan dan 24 kekalahan. Heat hanya kalah dari Milwaukee Bucks, Toronto Raptors, dan Boston Celtics, tiga tim semifinalis Wilayah Timur musim lalu.

Heat hanya melakukan satu transfer besar di awal musim lalu dengan mendatangkan Jimmy Butler. Di luar Jimmy, mereka merekrut dua ruki yang kemudian membantu tim dengan sumbangsih besar dalam diri Kendrick Nunn dan Tyler Herro. Lalu ada Bam Adebayo dan Duncan Robinson yang mengejutkan banyak pihak dengan perkembangan mereka. Di tengah musim, Heat kembali bergerak memperkuat skuad dengan melakukan pertukaran yang membuat mereka mendatangkan Andre Iguodala, Jae Crowder, dan Solomon Hill.

Meski berada di posisi bagus di klasemen dan memiliki skuad yang cukup baik bersama, Heat tampaknya belum merasa puas. Terbaru, laporan dari kontributor Sun Sentinel, Ira Winderman, menyebutkan bahwa Heat berniat mendatangkan pemain bebas yang di awal musim lalu berstatus pemain Los Angeles Lakers, DeMarcus Cousins.

Cousins sendiri dilepas oleh Lakers pada Februari lalu. Cousins yang mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) saat latihan persiapan musim, tak sekalipun bermain musim ini. Musim lalu, Cousins berjuang sembuh atas cedera achilles dan akhirnya bermain 30 kali untuk Golden State Warriors dengan sumbangsih 16,3 poin dan 8,2 rebound.

Pertukaran dengan Heat di Februari lalu memang membuat Heat memiliki ruang gaji untuk mendatangkan pemain yang dilepas di tengah musim (buyout). Namun, Heat memiliki kendala lain yakni dalam susunan skuad mereka. Ya, Heat tidak memiliki ruang kosong untuk menambah satu pemain di daftar pemain mereka.

Jika Heat benar-benar serius ingin menambah kekuatan mereka dengan mendatangkan Cousins, maka mereka harus melepas satu pemain. Secara kontribusi, bisa dibilang ada tiga pemain yang memiliki kontribusi cukup kecil di lapangan. Mereka adalah Udonis Haslem, Chris Silva, atau Solomon Hill. Secara posisi, Haslem dan Silva memiliki posisi yang sama dengan Cousins. Sementara Hill yang datang sebagai “pelengkap” paket pertukaran Iguodala baru bermain enam kali musim ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar