IBL

Kelanjutan NBA musim 2019-2020 semakin menemui titik terang. Setelah beberapa waktu lalu menentukan tanggal dilanjutkannya kembali musim yang tertunda, terbaru NBA akan menentukan target tim peserta dan juga tanggal terakhir penyelenggaraan musim 2019-2020 (gim tujuh final). Seluruh hal ini akan dirapatkan oleh jajaran petinggi NBA pada Kamis, 4 Mei 2020, waktu setempat.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh kontributor senior ESPN, Adrian Wojnarowski. Melalui akun twitter pribadinya, pengamat yang kerap disapa Woj ini juga membeberkan dua hal yang akan dirapatkan tersebut. Rencananya, NBA akan melanjutkan musim hanya dengan 22 tim saja dengan batas akhir penyelenggaraan gim tujuh final NBA adalah 12 Oktober 2020.

Artinya, sesuai dengan prediksi banyak pihak, NBA akan berjalan kurang lebih dua bulan kalender. Dengan rencana awal kelanjutna musim pada 31 Juli, maka perhitungan tersebut cukup benar. Nantinya, akan ada turnamen terlebih dulu di antara 22 tim tersebut sebelum berlanjut ke babak playoff.

Adapun 22 tim yang akan turut serta adalah 16 tim yang menempati posisi playoff sekarang dan enam tim yang cukup dekat dengan playoff. Enam tim itu terdiri dari lima tim Wilayah Barat dan satu tim Wilayah Timur. Portland  Trail Blazers, New Orleans Pelicans, Sacramento Kings, San Antonio Spurs, dan Phoenix Suns adalah tim dari Wilayah Barat sedangakan satu-satunya tambahan Wilayah Timur adalah Washington Wizads.

Jika menggunakan format ini, maka penentuan posisi unggulan tidak akan lagi menggunakan konsep wilayah. Nantinya, peringkat pertama akan menghadapi peringkat 16, posisi dua melawan posisi 15, dan begitu seterusnya. Dengan kondisi ini, maka di partai final nanti akan memungkinkan pertemuan dua tim dari wilayah yang sama.

Rapat pada hari kamis tersebut akan menentukan perjalanan musim ini. Woj juga belum memberikan tambahan mengenai kemungkinan venue penyelenggaraan lain di luar Disney World Orlando. Artinya, hampir bisa dipastikan bahwa Disney World Orlando akan menjadi kandidat utama tempat dilanjutkannya musim 2019-2020. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar