IBL

Meski kelanjutan NBA 2019-2020 belum jelas, Utah Jazz sudah harus menerima kenyataan pahit. Dilansir oleh ESPN, salah satu pemain Jazz, Bojan Bogdanovic, harus mengakhiri musim lebih cepat. Bojan menutup musim 2019-2020 karena harus menjalani operasi pergelangan tangan kanan. Proses penyembuhan Bojan diperkirakan memakan waktu hingga awal musim 2020-2021 atau di kisaran bulan Oktober nanti.

Kabar ini bisa dibilang menjadi kabar buruk untuk Jazz apalagi jika NBA berhasil melanjutkan musim 2019-2020. Bagaimana tidak, Bojan adalah top skor kedua Jazz musim ini. Ia hanya kalah produktif dari bintang utama Jazz, Donovan Mitchell. Dalam 63 gim, Bojan mencetak rataan 20,2 poin, 4,1 rebound, dan 2,1 asis per gim.

Ia juga memiliki akurasi tertinggi di tim bersama dengan Georges Niang di angka 41 persen. Bedanya, Bojan melepaskan 7,3 tripoin per gim sementara Niang hanya 3,2 tripoin per gim. Pemain asal Kroasia ini juga sangat tajam dari garis tembakan gratis dengan akurasi menyentuh 90 persen. Ia jadi pemain kedua di NBA musim ini yang mampu menorehkan rataan setidaknya 20 poin, akurasi tripoin setidaknya 40 persen, dan akurasi tembakan gratis minimal 90 persen. Satu-satunya pemain yang memiliki catatan serupa adalah Khris Middleton.

Cedera pergelangan tangan ini sendiri sebenarnya sudah diderita Bojan pada Januari lalu. Dalam prosesnya, hingga NBA memutuskan hiatus pada 11 Maret lalu, Bojan memainkan semua gimnya dengan menahan rasa sakit. Akhirnya, keputusan naik meja operasi pun diambil Bojan dan Jazz di tengah hiatus ini demi mencegah hal yang lebih buruk.

Jazz tampak lebih mementingkan laju mereka di masa depan ketimbang mengejar prestasi sesaat musim ini. Hal ini berdasarkan fakta bahwa Bojan baru bergabung dengan tim ini pada musim panas lalu dengan kontrak AS$73 juta selama empat musim. Jadi, Bojan masih memiliki sisa kontrak tiga musim dan kestabilan itu yang tampaknya lebih dibutuhkan oleh Jazz.

Sebelum hiatus, Jazz duduk di peringkat empat klasemen sementara Wilayah Barat dengan catatan 41 kemenangan dan 23 kekalahan. Jika NBA melanjutkan musim langsung ke babak playoff, maka Jazz akan berhadapand engan Oklahoma City Thunder. Namun, jika musim reguler diselesaikan lebih dahulu, maka besar kemungkinan peran Bojan akan digantikan Jordan Clarkson. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar