IBL

Komisioner NBA Adam Silver minggu lalu mengatakan agar para pemain bersiap untuk kembali bertanding. Keputusan tersebut memang menyenangkan sekaligus mengkhawatirkan terkait kondisi kesehatan para pemain. Tetapi Presiden Asosiasi Pemain NBA, Chris Paul, menegaskan bahwa pemain sangat ingin kembali ke lapangan. Namun harus ada jaminan tentang kesehatan mereka.

Masalah melajutkan liga memang rumit. Di satu sisi, liga harus dimainkan kembali untuk bisa menutup semua kerugian finansial yang dialami. Tetapi dengan kondisi kesehatan yang belum sepenuhnya normal, juga menjadi kekhawatiran bagi pemain.

"Banyak pembicaraan, dan akhirnya banyak keputusan yang sulit untuk diambil," kata garda Oklahoma City Thunder saat diwawancara Rachel Nichols dari ESPN. "Jelas kami sebagai pemain basket ingin bertanding. Sangat sangat ingin bermain basket kembali. Tetapi kami juga ingin bermain seaman mungkin. Kami rindu pertandingan."

Adam Silver dan Chris Paul sebenarnya sudah bertemu untuk membicarakan masalah kelanjutan liga, minggu lalu. Fokus pertemuan ini adalah masalah yang dihadapi NBA bila mereka melanjutkan liga di tengah pandemi virus korona. Tetapi saat membahas mengenai keamanan pemain, tetap sulit menentukan titik terang.

"Saya tidak punya jawaban untuk pertanyaan itu," kata Paul. "Saya tahu NBA juga mencari cara untuk menjamin kesehatan pemain."

Chris Paul mengatakan pemain sebenarnya tidak mempermasalahkan tentang format kelanjutan liga. Entah itu playoff, atau melanjutkan musim reguler. Karena kondisinya darurat, yang penting saat ini adalah duduk dan menunggu keputusan NBA. Setidaknya pada pemain bisa menjaga kesehatan dengan tetap berada di rumah. (tor)

Foto: NBA

Komentar