IBL

Liga yang ditunda, kemudian dimulai kembali akan menjadi momen yang belum pernah terjadi dalam sejarah NBA. Aspek unik lainnya adalah para pemain kembali bertanding setelah sedikitnya tiga bulan tanpa bola basket. Tapi justru manajemen Houston Rockets mendaku diuntungkan dengan situasi ini.

Wabah virus korona memang membuat dunia olahraga kacau. Termasuk NBA, yang juga mengalami penundaan liga. Tetapi wacana liga bergulir kembali santer dibicarakan. Hal tersebut menguat setelah beberapa tim membuka fasilitas latihannya.

Kemungkinan melanjutkan liga memang ada. Namun tidak akan berjalan normal. Tim-tim peserta akan dipaksa tinggal di satu lokasi. Kemungkinan lokasi yang bisa dijadikan karantina pemain adalah Las Vegas atau Orlando. Kedua kota tersebut muncul jadi opsi terbaik. Tapi jeda waktu yang panjang, babak playoff tanpa penonton, akan menjadi kompetisi teraneh dalam sejarah liga. Keadaan tersebut bisa saja memengaruhi kondisi fisik dan mental pemain.

Tim yang mungkin bisa beradaptasi dengan situasi baru nanti adalah Houston Rockets. Hal ini dikatakan langsung oleh Daryl Morey sebagai manajer umum Rockets kepada ESPN.

"Kondisi ini akan berpengaruh pada tim. Tapi tidak untuk tim kami, mungkin juga Lakers," kata Dary Morey. "Rockets dan Lakers punya banyak pemain veteran. Mereka pemain profesional dan mengerti kondisi lingkungan sekitar. Selama periode penundaan ini, mereka tetap menjaga dirinya. Selain itu, penundaan liga bisa berarti istirahat bagi pemain veteran. Mereka punya waktu yang cukup untuk mengembalikan diri ke performa terbaiknya."

Rockets punya modal yang baik. Mereka tidak kekurangan pengalaman playoff. James Harden telah mencatatkan 116 pertandingan playoff. Russell Westbrook juga akan mencapai 100 pertandingan playoff dalam kariernya. Lalu Austin Rivers, Eric Gordon, dan P.J. Tucker sudah menjadi pemain Rockets dalam dua musim terakhir. Dengan bimbingan Mike D'Anthony, Rockets seharusnya lebih siap mengelola perubahan kondisi.

Houston Rockets menduduki peringkat enam Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 40-24. Itu sebelum liga ditunda pada 11 Maret lalu. Untuk jadwal playoff, bila NBA dilanjutkan kembali, Rockets akan berhadapan dengan Denver Nuggets. (tor)

Foto: nba

Komentar