IBL

Daya tarik NBA G League di kalangan pebasket muda tampaknya semakin kuat. Setelah deretan nama seperti Jalen Green, Isaiah Todd, dan Daishen Nix, satu talenta muda kembali merapat ke G League. Talenta terbaru ini bahkan datang dengan status pemain internasional (di luar Amerika Serikat) pertama yang bergabung ke G League. Ia adalah talenta muda Filipina, Kai Sotto.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh The Athletic. Kai yang tepat berusia 18 tahun per 11 Mei 2020 ini meninggalkan beberapa tawaran dari kampus-kampus Divisi 1 NCAA dan tawaran bermain di Eropa. Seperti tiga talenta muda sebelumnya, Kai akan bergabung dengan tim G League baru yang terletak di Southern California. Tim ini nantinya akan berdiri sendiri, tidak berafiliasi dengan tim NBA.

Kai adalah pemain yang lahir dan tumbuh di Filipina. Di usianya yang sangat muda, ia sudah beberapa kali mewakili Filipina di kejuaraan internasional kelompok umur. Di gelaran SEABA U-16 pada 2017 lalu, Kai berhasil mempersembahkan medali emas. Di tahun 2018, ia membantu Filipina finis di urutan keempat Piala Asia U-16. Di tahun yang sama, ia masuk dalam skuat Piala Dunia U-17 Filipina di Argentina dan membantu Gilas menempati peringkat 13.

Pada November 2019, Kai memutuskan untuk menimba ilmu ke Amerika Serikat, lebih tepatnya ke sekolah persiapan untuk jenjang perkuliahan bernama The Skill Factory. Selama di sana, Kai mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dan secara konsisten mengembangkan permainannya. Di gelaran All Star 2020 lalu, ia berpartisipasi di Basketball Without Borders Global Camp dan kembali menarik banyak perhatian.

Seperti kebanyakan talenta muda lainnya, pemain bertinggi badan 218 sentimeter ini bermimpi untuk bermain di NBA di masa depan. Jika itu memang terjadi, maka ia akan menjadi orang yang lahir dan tumbuh di Filipina pertama yang berhasil tampil di NBA. “Belum pernah ada orang berdarah asli Filipina yang tampil di NBA. Saya ingin jadi yang pertama dan menunjukkan ke semua orang bahwa kami (orang Filipina) bisa melakukan hal tersebut.”(DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar