IBL

Seiring dengan dibukanya jalur masuk NBA melalui NBA G League, NCAA pun semakin ditinggalkan para talenta muda basket. Terbaru, Daishen Nex, pemain yang diberi rating bintang lima oleh ESPN memutuskan untuk menarik komitmennya untuk bermain di NCAA bersama University of California Los Angeles (UCLA) dan beralih menuju NBA G Lague.

Kabar tentang Nix ini dilaporkan oleh The Athletic. Ia diperkirakan mendapatkan bayaran di kisaran AS$300 ribu selama bermain di NBA G League. Langkah Nix mengikuti dua talenta muda lain yang melewatkan NCAA untuk NBA G League, yakni Jalen Green dan Isaiah Todd.

“Saya rasa ini adalah keputusan yang tepat untuk saya karena ini semua tentang saya dan keluarga saya,” ujar Nix dilansir oleh Los Angeles Times. “Bermain di G League secara langsung akan membuat saya mempersiapkan diri untuk mengikuti NBA Draft. Saya hanya berjarak satu langkah dengan NBA,” imbuhnya.

Nix bermain untuk Trinity International School, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, semasa SMA. Nix dikenal sebagai garda yang cukup seimbang dalam mencetak poin dan menjadi fasilitator. Ia juga memiliki reputasi baik dalam menjalankan skema pertahanan.

Sebagaimana diketahui, polemik utama yang muncul dan semakin kencang diperbincangkan di NCAA adalah mengenai pembayaran pemain. Para student-athlete ini dilarang menerima bayaran dalam segala bentuk (termasuk sponsor) selama bermain di NCAA. Pun demikian, sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa kampus memberikan insentif atau pembayaran secara sembunyi-sembunyi (tapi banyak yang tahu).

Polemik semakin mencuat seiring terbongkarnya kasus bayar-membayar (suap) saat perekrutan pemain ke kampus beberapa tahun lalu yang melibatkan banyak kampus dan nama pemain besar. Hal ini lantas membuat beberapa pemain yang pernah menjalani program one and done angkat bicara dan mengatakan serempak bahwa mereka memang dibayar.

Alhasil, dengan terbukanya jalur baru masuk melalui NBA G League, beberapa pemain pun memutuskan mengambil langkah ini. Mereka bisa bermain secara profesional, mendapat bayaran yang sudah cukup oke untuk menghidupi keluarga mereka, dan semakin dekat dengan NBA.  (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar