IBL

Film dokumenter tentang perjalanan Michael Jordan dan Chicago Bulls pada musim 1997-1998 bertajuk “The Last Dance” menjadi bahan perbincangan panas. Selain karena muncul di tengah pandemi virus korona dan hiatus NBA, fakta bahwa pada musim tersebut ada kru film yang terus mengikuti seluruh perjalanan Jordan dan Bulls musim tersebut membuat gambar yang dihasilkan pun sangat otentik.

Beberapa kejadian di balik layar yang selama ini tak pernah tampak di hadapan umum pun kini telah menjadi konsumsi publik. Salah satu kejadian yang terus menjadi perbincangan dari episode 1 dan 2 “The Last Dance” adalah tentang perundungan Jordan kepada manajer umum Bulls, Jerry Krause. Jika tidak ada kru film yang mengikuti perjalanan mereka tahun itu, rasanya tidak akan banyak orang yang percaya mengenai kejadian tersebut.

Lalu, pada Senin, 20 April 2020, waktu setempat, ESPN Los Angeles melalui program radio mereka 710 AM memberikan kabar yang cukup meningkatkan rasa pensaran banyak pihak. Adalah penyiar mereka, John Ireland, yang memberitahukan bahwa mendiang Kobe Bryant juga memiliki kru kamera yang mengikutinya pada musim-musim terkahirnya di NBA.

“Di dua musim terakhir Kobe di liga, kita memiliki kru film yang mengikuti kita ke mana-mana. Saat saya bilang ke mana-mana, mereka benar-benar berada di seluruh penjuru,” papar Ireland. “Kru film yang mengambil gambar tersebut setahu saya bekerja untuk Gotham Chopra. Gotham Copra adalah orang yang bekerja sama dengan Kobe untuk film dokumenter Kobe sebelumnya berjudul “Muse”,” lanjutnya

Seiring dengan kepergian tragis Kobe, kemungkinan film dokumenter ini sendiri akan keluar semakin menjadi masuk akal. Sehari setelahnya, Gotham langsung berbincang dengan Ireland menjawab kemungkinan tersebut.

“Kami masih perlu mengidentifikasi banyak hal tentang kemungkinan tersebut. Saya tahu kami berhasil mengambil banyak gambar yang luar biasa bagus, ada pula Vanessa di sana, Pau (Gasol), Phil (Jackson), dan banyak orang luar biasa lainnya. Mungkin suatu saat saya akan memikirkan untuk merilis film dokumenter ini, tapi untuk waktu pastinya, saya masih belum punya gambaran,” terang Gotham.

Menilik kepada “The Last Dance” yang baru muncul 22 tahun setelah pengambilan gambarnya, film dokumenter tentang akhir karier Kobe rasanya juga tidak akan muncul dalam waktu dekat. Namun, jika nantinya film tersebut muncul di suatu waktu di masa depan, rasanya level antusias pecinta basket dunia akan serupa dengan kemunculan “The Last Dance.” (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar